Pengertian Lembaga Agama, Fungsi, Contoh Dan Unsur-Unsurnya

Loading...
Pengertian lembaga agama, fungsi, contoh dan unsur-unsurnya akan dijelaskan secara detail dalam materi pelajaran Sosiologi pada kelas x sebagai berikut ini. Agama adalah suatu lembaga atau institusi penting yang mengatur kehidupan manusia. Dalam hal ini, agama juga merupakan nilai religion. Kepercayaan dan praktik tersebut mempersatukan semua orang yang beriman ke dalam suatu komunitas moral yang dinamakan umat.

Pada pembahasan dibawah ini akan dijelaskan seputar lembaga agama yakni diantaranya adalah seperti apa yang dimaksud dengan agama, pengertian agama dan lembaga agama, definisi agama, arti agama, makna agama, konsep agama menurut para ahli, contoh lembaga agama dan apa saja fungsi lembaga agama serta apa saja unsur-unsur lembaga agama.

Pengertian agama dan lembaga agama

Agama adalah sarana bagi manusia untuk berhubungan dengan sang pencipta sehingga manusia senantiasa mendekatkan diri pada Nya melalui petunjuk kitab suci, manusia diberi petunjuk untuk mencapai keselamatan di dunia maupun di akhirat. Jika manusia kehilangan arah atau melanggar norma yang berlaku, agama dapat mengembalikan keseimbangan. Perlu diketahui bahwa manusia yang tidak mempunyai agama maka dia akan kehilangan arah di dalam hidupnya.

Pengertian Lembaga Agama, Fungsi, Contoh Dan Unsur-Unsurnya
Contoh Lembaga Agama

Durkheim menjelaskan bahwa agama adalah suatu sistem terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci. Durkheim juga menyatakan bahwa semua agama membagi semua benda yang ada di bumi ini, baik yang berwujud nyata maupun ideal kedalam kedua kelompok yang saling berlawanan yakni hal yang bersifat profan dan suci atau duniawi dan ilahi.

Menurut Emile Durkheim, lembaga agama adalah suatu lembaga dengan sistem keyakinan atau praktik keagamaan yang ada didalam masyarakat yang mengatur kehidupan serta tingkah laku masyarakat dalam kehidupan sosial yang telah dibakukan atau dirumuskan.

Fungsi lembaga agama

Adapun tujuan dan fungsi dari lembaga agama adalah akan disebutkan secara rinci fungsi-fungsinya sebagai berikut dibawah ini yang diantaranya adalah :

1. Sebagai sumber pedoman hidup bagi individu maupun kelompok.
2. Mengatur tata cara hubungan antar manusia dan manusia dengan tuhan.
3. Sebagai tuntunan tentang prinsip benar atau salah untuk menghindari perilaku menyimpang.

Unsur-unsur lembaga agama

Selain fungsi lembaga agama seperti yang telah di sebutkan diatas, ada pula unsur-unsur lembaga agama yang akan dijelaskan. Adapun unsur-unsur agama yang akan di sebutkan satu persatu dibawah ini yakni diantaranya adalah :

1. Kepercayaan adalah suatu prinsip yang di anggap benar dan tanpa ada keraguan lagi.
2. Praktik keagamaan seperti halnya berdoa, sholat, berpuasa dan sedekah.
3. Simbol keagamaan dapat memberi tanda atau identitas bagi orang yang menganutnya.
4. Umat adalah penganut masing-masing agama.

Contoh lembaga agama

Banyak organisasi yang menampung umat beragama dalam rangka melaksanakan praktik agamanya yakni diantaranya adalah seperti berikut dibawah ini :

- KWI (Kantor Waligereja Indonesia).
- NU (Nahdlatul Ulama).
- Muhammadiyah.
- MUI (Majelis Ulama Indonesia).
- PGI (Persatuan Gereja Indonesia).
- PHDI (Parisada Hindu Dharma Indonesia).
- WALUBI (Perwakilan Umat Buddha Indonesia).
- MATAKIN (Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia).
- WK (Lembaga Wanita Katolik).

5. Pengalaman keagamaan
Pengalaman keagamaan setiap hari umat berbeda karena menyangkut masalah yang sulit dibuktikan dan diukur kadarnya. Pengalaman keagamaan bersifat individual seperti pengalaman seorang pasien yang sakit parah yang oleh dokter sudah divonis akan meninggal, tetapi karena doa dari si pasien maupun keluarganya, pasien tersebut dapat sembuh kembali.

Baca juga : Pengertian Lembaga Pendidikan Dan Contohnya

Unsur-unsur agama tersebut merupakan elemen yang dimiliki setiap agama, hanya corak dan perwujudannya saja yang berbeda. Demikian pembahasan tentang pengertian lembaga agama, fungsi dan unsur-unsurnya, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi dalam mengetahui apa itu yang dimaksud dengan agama dan lembaga agama, pengertian lembaga agama, fungsi lembaga agama, macam-macam dan contoh lembaga agama serta unsur-unsur lembaga agama.
Loading...
Loading...