Pengertian Lembaga Pendidikan, Fungsi, Unsur Dan Contohnya

Loading...
Pengertian lembaga pendidikan, fungsi, unsur dan contohnya akan dijelaskan secara detail dalam materi pelajaran Sosiologi pada kelas x sebagai berikut ini. Lembaga pendidikan merupakan kebutuhan akan intensitas atau kedalaman pengetahuan atau pendidikan pada setiap masyarakat dan hal itu tentu berbeda. Pada sebuah masyarakat sederhana, pendidikan dapat ditemukan dalam keluarga atau kerabat dengan adanya pengetahuan serta keterampilan yang cukup, pendidikan formal dan non formal.

Pada pembahasan dibawah ini akan dijelaskan seputar lembaga pendidikan yakni diantaranya adalah seperti apa yang dimaksud dengan lembaga pendidikan, pengertian lembaga pendidikan, definisi lembaga pendidikan, arti lembaga pendidikan, makna lembaga pendidikan, konsep lembaga pendidikan, contoh lembaga pendidikan dan apa saja fungsi lembaga pendidikan menurut para ahli serta apa saja unsur-unsur lembaga pendidikan.

Pengertian lembaga pendidikan

Lembaga pendidikan adalah suatu tempat atau wadah sosialisasi yang nilai-nilai idealnya dapat kita dapatkan atau peroleh dengan cara proses produksi dalam mendorong masyarakat untuk memperdalam pengetahuannya.


Pengertian Lembaga Pendidikan, Fungsi, Unsur Dan Contohnya
Contoh Lembaga Pendidikan Adalah Sekolah

Contoh lembaga pendidikan

Perlu diketahui bahwa didalam lembaga pendidikan secara umum, terdapat dua macam pendidikan yakni diantaranya adalah pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Adapun contoh lembaga pendidikan adalah sekolah, dengan menawarkan pendidikan yang berjenjang dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi.

Seperti halnya sekolah agama dan sekolah luar biasa. Berbeda dengan pendidikan formal yang dapat ditemukan di sekolah, disamping itu adapun pendidikan nonformal yang contohnya adalah seperti kursus mengemudi, kursus menjahit, kursus bahasa, kursus masak ataupun kursus komputer.

Fungsi lembaga pendidikan

Adapun tujuan dan fungsi dari lembaga pendidikan adalah akan disebutkan secara rinci fungsi-fungsinya sebagai berikut dibawah ini yang diantaranya adalah :

1. Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah.
2. Mengembangkan bakat perseorangan demi dirinya sendiri dan bagi kepentingan masyarakat.
3. Melestarikan kebudayaan.
4. Menanamkan keterampilan yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam demokrasi.

Fungsi lain dari lembaga pendidikan adalah sebagai berikut diantaranya adalah :
1. Mengurangi pengendalian orang tua melalui lembaga sekolah, dengan melimpahkan tugas dan wewenang mereka dalam mendidik anaknya kepada sekolah.
2. Menyediakan sarana untuk pembekalan sekolah memiliki potensi.
3. Mempertahankan sistem kelas sosial.
4. Memperpanjang masa remaja.

Selain fungsi yang dipaparkan diatas, adapula empat macam fungsi pendidikan menurut david popenoe yakni diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pemindahan kebudayaan masyarakat (Transmisi)
Pendidikan selalu disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakatnya.
2. Memilih dan mengajarkan peran sosial.
3. Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
4. Sumber inovasi sosial (pembaruan).

Unsur-unsur lembaga pendidikan

Selain fungsi lembaga pendidikan seperti yang telah di sebutkan diatas, ada pula unsur-unsur lembaga pendidikan yang akan dijelaskan. Adapun unsur-unsur lembaga pendidikan yang akan di sebutkan satu persatu dibawah ini yakni diantaranya adalah :

1. Pola perilaku : cinta akan pengetahuan, kehadiran, meneliti dan sikap.
2. Budaya simbolis : seragam sekolah, maskot, lagu-lagu sekolah dan logo.
3. Budaya manfaat : kelas, perpustakaan, buku, laboratorium dan laporan.
4. Kode spesialisasi : akreditasi, tata tertib, kurikulum dan tingkatan atau strata.
5. Ideologi : keberhasilan akademis, pendidikan progresif, inovasi dan klasikisme.

Demikian pembahasan tentang pengertian lembaga pendidikan, fungsi, unsur dan contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi dalam mengetahui apa itu yang dimaksud dengan lembaga pendidikan, pengertian lembaga pendidikan, fungsi lembaga pendidikan, macam-macam dan contoh lembaga pendidikan serta unsur-unsur lembaga pendidikan.
Loading...
Loading...