Pengertian, #4 Tingkatan Ekologis Biosfer

Loading...
Pengertian biosfer dan #4 tingkatan ekologis biosfer akan dibahas lengkap pada materi pelajaran Geografi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang Biosfer yang akan di bahas didalam materi pendidikan geografi adalah antara lain :

1. Pengertian biosfer.
2. Istilah biosfer.
3. #4 tingkatan ekologis biosfer.

Pengertian biosfer

Biosfer berasal dari kata bio yang berarti hidup dan sphaira yang berarti lapisan atau lingkungan. Biosfer adalah bagian luar dari planet bumi yang mencakup udara, daratan dan air yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung.

Pengertian, #4 Tingkatan Ekologis Biosfer
Baca ini : #2 Pokok Pembentuk Biosfer Dan Faktor Yang Mempengaruhi Persebarannya
Dalam pengertian luas menurut geofisiologi yang mengartikan bahwa, biosfer adalah sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan antar mereka, termasuk interaksinya dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air) dan atmosfer (udara) bumi.

Bumi hingga sekarang adalah satu-satunya tempat yang diketahui yang mendukung kehidupan. Biosfer dianggap telah berlangsung selama sekitar 3,5 milyar tahun dari 5,5 milyar tahun usia bumi. Seluruh ekosistem di dunia disebut biosfer.

Dalam biosfer, setiap makhluk hidup menempati lingkungan yang cocok untuk hidupnya. Biosfer merupakan keseluruhan ekosistem dibumi yang meliputi semua bagian bumi yang mengandung kehidupan (terdiri dari komponen biotik yang berinteraksi dengan lingkungan abiotik yang merupakan bagian dari atmosfer, hidrosfer dan litosfer).

Istilah biosfer
Berikut ini adalah istilah kata dari biosfer yang berasal dari dua kata yakni :
1. Bio yang artinya adalah hidup.
2. Sphaira yang artinya adalah lapisan / lingkungan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa biosfer adalah kehidupan di muka bumi yang menempati suatu lapisan yang ada pada atmosfer Biosfer merupakan sistem kehidupan paling besar yang ada di dalamnya terjadi interaksi yang membentuk tingkatan ekologis.

Tingkatan ekologis biosfer

Tingkatan ekologis dalam sebuah biosfer dapat dilihat dalam pada gambar seperti diatas, dan berikut penjelasan mengenai gambaran tingkatan ekologis biosfer diatas.

1. Individu
Individu adalah suatu unit makhluk hidup yang umumnya berdiri sendiri dan menemukan makanannya sendiri.
2. Populasi
Populasi adalah kumpulan individu dari spesies yang hidup dan berkembang biak di satu wilayah tertentu.
3. Komunitas
Komunitas adalah kumpulan populasi yang meliputi bermacam-macam spesies dan terdapat ketergantungan antar populasi.
4. Ekosistem
Ekosistem adalah kumpulan beberapa komunitas beserta lingkungan fisiknya, kumpulan dari beberapa ekosistem inilah yang akan membentuk biosfer.

Demikian pembahasan mengenai pengertian biosfer dan #4 tingkatan ekologis biosfer.
Loading...
Loading...