Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Loading...
Persebaran flora dan fauna di Indonesia akan dibahas lengkap pada materi pelajaran Geografi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang Persebaran Flora dan Fauna yang akan di bahas didalam materi pendidikan geografi adalah antara lain :

1. Macam-macam flora di Indonesia.
2. Macam-macam fauna di Indonesia.

Persebaran flora dan fauna di Indonesia tidak terlepas dari sejarah geologi yang terjadi di masa lalu. Pada zaman pleistosen, kepulauan Indonesia sangat luas. Di bagian barat yang merupakan Paparan Sunda dan di timur yang merupakan Paparan Sahul tidak berair.

Pada zaman itu, migrasi organisme terjadi secara besar-besaran, dari Daratan Asia menyebar ke Kalimantan dan ke Sumatera, sedangkan dari Australia menyebar ke Papua. Setelah zaman es berakhir (post-glasial), es di kutub bumi dan di pegunungan tinggi sebagian besar mencair kembali.
Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Baca juga : #3 Macam Persebaran Flora Di Dunia
Daratan luas yang menghubungkan antara Pulau Sumatera, pulau Kalimantan dan juga pulau Jawa mulai tergenangi oleh air. Di sebelah timur, juga tergenang Paparan Sahul dan Laut Arafuru. Pada saat masih berupa daratan, hewan dan tumbuhan bebas dalam berimigrasi, akan tetapi setelah terendam menjadi terisolasi dan yang akhirnya menjadi ciri pada masing-masing pulau di Indonesia.

Ekosistem flora dan fauna di pulau Sumatera, pulau Jawa dan pulau Kalimantan seolah-olah terjebak dan tidak berhubungan lagi dengan daratan Asia. Namun demikian, di ketiga pulau tersebut tetap masih bercorak Asiatis, hal tersebut karena dahulunya menjadi bagian dari Asia.
Baca juga : Wilayah Persebaran Fauna di Dunia
Sebaliknya flora dan fauna Indonesia yang berada di bagian timur juga terjebak di Papua dengan corak yang dominan seperti di Australia. Kepulauan Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan juga Timor yang sejak dahulu tidak pernah berhubungan secara langsung dengan kedua daerah (Asia dan Australia) menjadi ciri khas tersendiri yaitu ciri flora dan fauna Indonesia Tengah.

Macam-macam flora di Indonesia

Berbagai macam flora di indonesia merupakan Sumber Daya Alam hayati. Indonesia memiliki tumbuhan jenis palem terbanyak di dunia yaitu sekitar 400 jenis. Dan juga Indonesia tumbuh sekitar 25.000 jenis tanaman berbunga.

Beraneka ragam flora ini menyebabkan perhatian dunia, sehingga banyak ilmuan/peneliti yang datang ke Indonesia, diantaranya adalah “Junghunh”. Junghunh membuat zona tumbuh-tumbuhan berdasarkan ketinggian tempat. Pembagian jenis flora menuntut Junghunh tidak hanya dititik beratkan pada tumbuhan tetapi juga tumbuhan perkebunan.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai macam-macam flora di indonesia, zona tumbuh-tumbuhan berdasarkan ketinggian dan macam-macam hutan serta fungsi / manfaat hutan yang beragam, maka dapat anda lihat pada halaman berikut.
Baca ini : Macam-macam flora di Indonesia Lengkap

Macam-macam fauna di Indonesia

Menurut geologis, kepulauan Indonesia terbagi tiga wilayah yaitu antara lain Paparan Sunda, wilayah Peralihan dan Paparan Sahul. Antara Paparan Sunda dengan wilayah peralihan terdapat batas fauna Asia disebut garis wallace. Sedangkan antara wilayah Peralihan dengan Paparan Sahul terdapat batas fauna dan flora Austrialis disebut garis weber.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai macam-macam fauna di indonesia, faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran fauna serta jenis persebaran fauna di Indonesia, maka dapat anda lihat pada halaman berikut.
Baca ini : Macam-macam fauna di Indonesia Lengkap
Kedua halaman tersebut membahas lengkap mengenai berbagai macam flora dan fauna serta persebarannya di Indonesia. Demikian pembahasan mengenai persebaran Flora dan Fauna di Indonesia.
Loading...
Loading...