Pengertian Peramalan (Forecasting) Menurut Para Ahli

Loading...
Pengertian peramalan (forecasting) menurut para ahli atau pakar akan dibahas lengkap dengan detail pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang definisi peramalan, teori peramalan, konsep peramalan, arti peramalan dan makna peramalan (forecasting) yang akan di bahas didalam materi pendidikan ekonomi adalah antara lain :

1. Peramalan (forecasting) menurut Heizer dan Render.
2. Peramalan (forecasting) menurut Ishak.
3. Peramalan (forecasting) menurut Nasution.

Teori konsep peramalan (forecasting)

Pada perusahaan, peramalan atau disebut juga dengan forecasting harus dilakukan karena peramalan memainkan peranan yang sangat penting didalam menentukan kontinuitas terhadap kelangsungan dari perusahaan itu sendiri.
Pengertian Peramalan (Forecasting) Menurut Para Ahli

Dibawah ini terdapat beberapa pengertian peramalan atau forecast menurut para ahli atau pakar yang akan dijelaskan dan diuraikan lengkap dengan daftar pustakanya antara lain sebagai berikut.

1. Heizer dan Render (2011:46)

Peramalan (forecasting) adalah seni dan ilmu yang memprediksi peristiwa masa depan. Peramalan memerlukan pengambilan data historis dan memproyeksikannya ke masa depan.

2. Ishak (2010:104)

Peramalan adalah pemikiran terhadap suatu besaran, misalnya permintaan terhadap satu atau beberapa produk pada periode yang akan datang.

3. Nasution (2003:25)

Peramalan adalah memperkirakan beberapa kebutuhan dimasa datang yang meliputi kebutuhan dalam ukuran kuantitas (jumlah), kualitas (mutu), waktu dan lokasi yang dibutuhkan dalam rangka memenuhi permintaan barang atau jasa.

Dari definisi peramalan (forecasting) seperti yang telah disebutkan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa peramalan (forecasting) adalah suatu tindakan guna mengetahui seberapa besar permintaan (demand) pada masa yang akan datang.

Dengan adanya informasi mengenai besaran permintaan di masa yang akan datang yang diperoleh dari hasil peramalan (forecasting), maka dapat ditentukan strategi yang tepat guna perencanaan yang lebih lanjut.

Demikian pembahasan mengenai pengertian peramalan (forecasting) menurut para ahli atau pakar, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui definisi peramalan, teori peramalan, konsep peramalan, arti peramalan dan makna peramalan (forecasting) menurut para ahli atau pakar.

Daftar pustaka

Heizer, Jay dan Barry Render. 2011. Operations Management, Buku 1 edisi ke sembilan. Salemba empat : Jakarta.
Ishak, Aulia. 2010. Manajemen Operasi, Edisi 1. Graha Ilmu : Yogyakarta.
Nasution, Hakim Arman. 2003. Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Edisi Pertama. Guna Widya : Jakarta.
Loading...
Loading...