#6 Tujuan Partisipasi Menurut Ahli

Loading...
#6 Tujuan partisipasi menurut ahli dan pakar akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran sosiologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan yang akan dijelaskan pada materi pendidikan sosiologi dibawah ini yakni tujuan-tujuan partisipasi masyarakat, fungsi partisipasi dan kegunaan partisipasi pada proses pembangunan lengkap dengan daftar pustakanya.

Tujuan partisipasi

Pada hakekatnya, tujuan partisipasi adalah memberdayakan masyarakat daerah setempat untuk bisa ikut serta (berpartisipasi) didalam proses pembangunan. Adapun proses pembangunan yang dimaksud adalah antara lain baik seperti dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengevaluasian serta turut menikmati hasil pembangunan tersebut.

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas mengenai partisipasi dan masyarakat, untuk mengetahui apa saja arti partisipasi menurut para ahli, arti masyarakat menurut para pakar dan apa saja pengertian partisipasi masyarakat menurut para ahli dan pakar dapat kalian temukan pada halaman sebagai berikut dibawah ini.

Baca ini :
#6 Tujuan Partisipasi Menurut Ahli

Dibawah ini akan diuraikan beberapa tujuan partisipasi menurut Schiller dan Antlov (dalam Hetifah, 2003:152) yang akan dijelaskan sebagai berikut :

1. Menciptakan visi bersama

Merumuskan visi dan mandate serta nilai-nilai yang dianut atau menjadi dasar suatu organisasi serta visi itu ke depan. Tujuannya yakni menyajikan kebenaran yang definit, namun lebih untuk menstimulasikan debat dan bagaimana mempengaruhi ke masa depan.

2. Membangun rencana

Setelah melakukan perumusan visi bersama dalam rangka menentukan tujuan spesifik yang ingin dicapai, maka dengan bekal itu dapat segera dibuat suatu proses lanjutan untuk membangun rencana.

3. Mengumpulkan gagasan

Dilakukan dengan cara lisan maupun tertulis, dengan maksud mengumpulkan sebanyak mungkin gagasan dari semua orang yang menjadi peserta proses partisipasi.

4. Menentukan prioritas (membuat pilihan)

Bertujuan untuk mengorganisir berbagai ide yang muncul dalam proses partisipasi dengan memanfaatkan kualitatif.

5. Menjaring aspirasi (masukan)

Bertujuan untuk pertukaran informasi, gagasan dan kepedulian tentang suatu isu atau rencana antara pemerintah dan perencana dengan masyarakat. Melalui proses ini masyarakat memperoleh kesempatan untuk mempengaruhi perumusan kebijakan, memberikan alternatif desain, pilihan investasi beserta pengelolaannya.

6. Mengumpulkan Informasi (analisis situasi)

Bertujuan untuk mengindentifikasi kekuatan dan peluang serta bagaimana mengoptimalkannya, selain mengindentifikasi kelemahan dan ancaman, juga untuk mempermudah merumuskan langkah-langkah untuk mengatasinya.

Demikian pembahasan mengenai #6 tujuan partisipasi menurut ahli dan pakar, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui tujuan-tujuan partisipasi masyarakat, fungsi partisipasi dan kegunaan partisipasi pada proses pembangunan.

Daftar pustaka

Hetifah, Sumarto, Sj. 2003. Inovasi, Partisipasi dan Good Governance. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Loading...
Loading...