#4 Dampak Kerusakan Flora Dan Fauna Bagi Kehidupan

Loading...
#4 dampak kerusakan flora dan fauna bagi kehidupan akan dibahas lengkap pada materi pelajaran Geografi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang Dampak-Dampak Yang Terjadi Atas Kerusakan Flora dan Fauna Bagi Kehidupan yang akan di bahas didalam materi pendidikan geografi adalah antara lain :

1. Tujuan pemanfaatan flora dan fauna.
2. #4 dampak kerusakan keanekaragaman hayati.

Keberadaan flora dan fauna tidak dapat dipisahkan di dalam kehidupan manusia. Tumbuhan dan hewan mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Ada saling ketergantungan antara tumbuhan, hewan dan manusia untuk kelangsungan hidup masing-masing.

Sebagian hewan mempunyai andil bagi pertumbuhan dan persebaran tumbuhan. Binatang pun hidup dari tumbuhan juga. Bahkan binatang karnivora, seperti harimau misalnya, sesungguhnya bergantung pada tumbuhan karena makanannya terdiri dari binatang herbivora yang hidupnya dari tumbuhan.
#4 dampak kerusakan flora dan fauna bagi kehidupan
Baca juga : Pengertian, Nilai Keanekaragaman Hayati Dan Contohnya
Ketergantungan flora dan fauna pada manusia adalah dalam upaya perkembang biakan, persebaran dan pelestariannya. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia memanfaatkan flora dan fauna untuk berbagai tujuan.

Tujuan pemanfaatan flora dan fauna

Dibawah ini terdapat #3 tujuan pemanfaatan flora dan fauna oleh manusia adalah antara lain yakni dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Dikonsumsi
Manusia membutuhkan makanan dari tumbuh-tumbuhan dan hewan untuk keperluan tubuhnya agar tetap hidup dan sehat. Oleh sebab itu, beberapa jenis tumbuhan dan hewan tertentu dikonsumsi oleh manusia.

2. Tujuan pendidikan dan pelatihan
Suaka margasatwa dan cagar alam adalah tempat yang sangat ideal untuk tujuan pendidikan dan penelitian karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan jenis-jenis tumbuhan, hewan dan ekosistemnya.

3. Sarana rekreasi
Keanekaragaman flora dan fauna digunakan pula untuk tujuan rekreasi sehingga dapat menghasilkan devisa bagi pemerintah. Contohnya adalah antara lain seperti Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas di Jawa Barat, Pulau Komodo di Pulau Komodo, Tanjung Putting di Kalimantan dan Ujung Kulon di Jawa Barat di jadikan tempat wisata dan banyak di minati oleh turis domestik dan luar negeri.
Baca juga : Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Dampak kerusakan keanekaragaman hayati

Keanekaragaman hayati adalah sumber daya bagi manusia. Kerusakan terhadap sumber daya ini akan memberikan dampak bagi kehidupan manusia. Dibawah ini terdapat #4 dampak kerusakan keanekaragaman hayati adalah antara lain sebagai berikut :

1. Ancaman terhadap ketersediaan bahan pangan dan 0b4t-0b4t4n
Bahan pangan manusia seperti karbohidrat, protein dan vitamin sebagian besar berasal dari spesies tumbuhan. Sumber bahan 0b4t juga berasal dari tumbuhan, bakteri, ganggang, jamur dan protozoa.

2. Penurunan jumlah plasma nutfah
Plasma nutfah adalah sifat genetik suatu populasi. Plasma nutfah akan melimpah dengan tingginya (biodiversity). Namun, apabila terjadi kerusakan pada keanekaragaman flora dan fauna yang merupakan bahan mentah terpenting bagi kehidupan pengembangan bioteknologi atau rekayasa genetika maka hal ini akan memengaruhi penurunan jumlah plasma nutfah.

3. Gangguan terhadap keseimbangan ekologi
Keanekaragaman spesies dalam ekosistem adalah penyangga stabilitas lingkungan. Komponen ekosistem yang beragam memungkinkan sistem perlindungan terhadap gangguan menjadi lebih kukuh dibandingkan lingkungan yang homogen. Penurunan atau kepunahan spesies flora dan fauna tertentu berakibat keseimbangan ekosistem terganggu serta menjadi lebih rentan.

4. Kehilangan modal utama pembangunan
Beberapa jenis flora merupakan komoditi ekspor relatif besar sebagai penyumbang pendapatan Negara. Contohnya adalah seperti beberapa jenis kayu, rotan, dammar dan hasil laut (ikan dan lain sebagainya). Tetapi dengan rusaknya keanekaragaman spesies flora dan fauna menjadi modal utama pembangunan, otomatis akan mengganggu jalannya pembangunan nasional.

Demikian pembahasan mengenai #4 dampak kerusakan flora dan fauna bagi kehidupan.
Loading...
Loading...