#5 Tipe Dan Wujud Budaya Politik

Loading...
#5 tipe dan wujud budaya politik akan dibahas lengkap dan detail pada materi pelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan Tipe-Tipe Dan Wujud Budaya Politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia yang akan di bahas didalam materi pendidikan kewarganegaraan adalah antara lain :

1. #5 tipe budaya politik.
2. #4 wujud budaya politik.

Pada umumnya budaya politik dalam masyarakat diwujudkan dalam bentuk partai politik, kelompok kepentingan, kelompok penekan, alat komunikasi politik dan penokohan politik. Adapun dalam masyarakat Indonesia, budaya politik yang dipakai adalah politik demokrasi namun dalam perkembangannya diwarnai oleh pendidikan politik warga negaranya.

Macam-macam tipe budaya politik

Adapun dibawah ini #4 macam tipe budaya politik adalah yang dapat dijelaskan antara lain sebagai berikut :
#5 Tipe Dan Wujud Budaya Politik
Baca juga : Pengertian, Macam-Macam Budaya Politik
1. Tipe radikal
Tipe radikal adalah sikap warga negara yang tidak puas dengan keadaan yang ada serta menginginkan perubahan yang cepat dan mendasar, biasanya tidak mengenai kompromi dan cenderung mau menang sendiri.

2. Tipe moderat
Tipe moderat adalah sikap politik masyarakat yang telah cukup puas dengan keadaan dan bersedia maju, tetapi tidak menerima sepenuhnya perubahan apalagi yang serba cepat.

3. Tipe status quo
Tipe status quo adalah sikap politik dari warga negara yang sudah puas dengan keadaan yang ada dan keadaan tersebut berusaha tetap dipertahankan.

4. Tipe konservatif
Tipe konservatif adalah sikap politik masyarakat yang sudah puas dengan keadaan yang sudah ada dan cenderung bertahan dari perubahan.

5. Tipe liberal
Tipe liberal adalah sikap politik masyarakat yang berpikir bebas dan ingin maju terus serta ingin perubahan yang progresif dan cepat.

Perkembangan tipe budaya politik sejalan dengan perkembangan sistem politik yang berlaku. Tipe budaya politik yang berkembang pada masyarakat Indonesia disesuaikan dengan berkembangnya sistem politik yang ada.
Baca juga : Ciri-Ciri Budaya Politik
Sistem politik yang ada pada negara Indonesia adalah menggunakan sistem politik demokrasi yang berdasarkan pada ideologi Pancasila. Pada saat ini, demokrasi menjadi harapan masyarakat Indonesia sebagai sistem politik untuk mencapai tujuan dan juga cita-cita penyelenggaraan negara.

Masyarakat dalam kehidupan politik kenegaraan sebagai satu sistem yang akan melahirkan budaya politik yang bertanggung jawab apabila sosialisasi politik dapat dilaksanakan dengan baik. Selain dari pada pembagian diatas, budaya politik juga masih dibagi dalam kategori lain dengan sudut pandang yang berlainan pula.

Model budaya politik menurut ahli/ pakar

Berikut ini adalah tipe-tipe budaya politik menurut Masoed dan Colin Mac Andrews yang dapat diuraikan antara lain yakni sebagai berikut :

1. Model masyarakat industrial
Dalam sistem ini terdapat banyak aktivis politik yang akan menjamin adanya kompetisi partai-partai politik dan kehadiran dari pemberian suara yang besar. Selain dari pada itu, terdapat banyak publik peminat politik yang selalu mendiskusikan secara kritis moral-moral kemasyarakatan dan pemerintahan.

Termasuk di dalamnya adalah seperti kelompok-kelompok yang selalu mengusulkan kebijaksanaan-kebijaksanaan baru dan juga melindungi kepentingan khusus mereka.

2. Model sistem otoriter
Adapun didalam model sistem otoriter ini terdapat beberapa kelompok masyarakat yang memiliki sikap politik yang berbeda-beda. Kelompok tersebut adalah dapat diuraikan antara lain sebagai berikut :

a. Kelompok organisasi politik dan partisipan
Kelompok organisasi politik dan partisipan adalah seperti mahasiswa, kaum intelektual, berusaha menentang dan mengubah sistem melalui tindakan persuasive atau proses yang agresif.

b. Kelompok terhormat
Kelompok terhormat adalah seperti, pengusaha, agamawan dan tuan tanah, mendiskusikan masalah-masalah pemerintahan dan aktif dalam lobbying.

c. Sebagian besar rakyat berperan sebagai subjek pasif
Sebagian besar rakyat hanya sebagai subjek yang pasif, mengakui pemerintah dan tunduk padanya, tetapi tidak melibatkan diri dalam urusan pemerintahan.

d. Petani dan buruh tani
Posisi petani dan buruh tani, kecil sekali keterlibatannya dengan sistem politik.

3. Model sistem demokrasi praindustrial
Dalam model ini menampilkan hal-hal diantaranya yakni antara lain sebagai berikut :

a. Kelompok partisipan dan professional terpelajar, usahawan dan tuan tanah sedikit sekali jumlahnya.
b. Sebagian warga negaranya adalah pegawai, buruh dan petani bebas yang secara langsung terkena sistem perpajakan dan kebijakan pemerintah.
c. Kelompok terbesar adalah buruh tani yang buta huruf yang sangat kecil keterlibatannya dalam kehidupan politik.
Baca juga : Faktor Penyebab Berkembangnya Budaya Politik

Wujud-wujud budaya politik

Adapun dibawah ini #4 wujud budaya politik yang berkembang di masyarakat adalah antara lain sebagai berikut :

1. Aktif mengontrol maupun memberi masukan kepada pemerintah terhadap kebijakan pemerintah, dengan membentuk organisasi sosial politik dan LSM.
2. Aktif dalam kegiatan pemilu.
3. Berperan dalam penyelenggaraan diskusi politik.
4. Berperan aktif dalam kegiatan pembangunan.
5. Mendukung pemerintah yang sedang berkuasa.

Demikian pembahasan mengenai #5 tipe dan wujud budaya politik.
Loading...
Loading...