#6 Ciri-Ciri Budaya Politik Lengkap

Loading...
#6 ciri-ciri budaya politik akan dibahas lengkap pada materi pelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang Budaya Politik serta Ciri-Ciri dan Karakternya yang akan di bahas didalam materi pendidikan kewarganegaraan adalah antara lain :

1. #6 ciri-ciri budaya politik.
2. #4 ciri-ciri masyarakat politik.
3. Cara mengetahui karakter budaya politik.

Didalam budaya politik menurut Prof. Pamuji menyatakan bahwa budaya politik tidak lepas dari sistem politik yang dianut dari negara tersebut. Sistem politik menurut Prof. Pamuji adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang komplek atau terorganisasi. Suatu himpunan atau perpaduan hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks dan utuh.
#6 Ciri-Ciri Budaya Politik Lengkap
Baca juga : Pengertian, Macam-Macam Budaya Politik
Dapat pula dikatakan bahwa sistem sebagai kumpulan-kumpulan seperti :
1. Fakta.
2. Pendapat.
3. Kepercayaan

Dan lain sebagainya yang disusun dalam suatu cara cara yang teratur. Oleh karena hal-hal tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa tentang #6 ciri-ciri budaya politik adalah antara lain sebagai berikut :

#6 ciri-ciri budaya politik

1. Sebagai suatu sistem yang dinamis.
2. Terdapat tingkah laku sosial yang dialokasikan secara otoritatif.
3. Terdapat legitimasi pemerintah.
4. Accountability of sistem (pertanggung jawaban).
5. Competition (persaingan).
6. Partisipatif (peran serta).

Bentuk dari budaya politik dalam suatu masyarakat dipengaruhi antara lain oleh sejarah perkembangan dari sistem, oleh agama yang terdapat dalam masyarakat itu, kesukuan, status sosial, konsep mengenai kekuasaan, kepemimpinan dan sebagainya.

Dalam mempelajari ciri-ciri dari budaya politik, tidak akan bisa dilepaskan dengan hanya mengetahui dari ciri-ciri masyarakat politik. Adapun secara umum, terdapat #4 ciri-ciri masyarakat politik adalah antara lain dapat dijelaskan sebagai berikut :

#4 ciri-ciri masyarakat politik

1. Dengan sadar dan sukarela menggunakan hak pilihnya dalam pemilu terutama hak pilih aktif.
2. Bersifat kritis terhadap kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dengan sikap antara lain seperti :

a. Menerima sebagaimana adanya.
b. Menolak dengan alasan tertentu.
c. Ada yang suka diam tanpa memberikan reaksi apa-apa.

3. Memiliki komitmen kuat terhadap partai politik yang menjadi pilihannya.
4. Dalam penyelesaian suatu masalah, lebih suka dengan cara dialog atau musyawarah.

Budaya politik berkembang di setiap negara sangat beragam, hal ini dipengaruhi oleh karakter budaya politiknya masing-masing. Untuk mengetahui karakter budaya politik suatu bangsa dapat diukur melalui beberapa dimensi yang berkembang dalam masyarakat, yaitu antara lain sebagai berikut :

Cara mengetahui karakter budaya politik

1. Tingkat pengetahuan umum yang dimiliki oleh masyarakat mengenai sistem politik negaranya, seperti pengetahuan tentang sejarah, letak geografis dan konstitusi negaranya.
2. Pemahaman masyarakat mengenai struktur dan peran pemerintah dalam membuat suatu kebijakan.
3. Pemahaman mengenai penguatan kebijakan yang meliputi masukan opini dari masyarakat dan media massa kepada pemerintah.
4. Partisipasi masyarakat dalam kegiatan politikdan bernegara, serta pemahamannya akan hak dan kewajiban serta tanggung jawab sebagai warga negara.

Demikian pembahasan mengenai #6 ciri-ciri budaya politik lengkap.
Loading...
Loading...