Pengertian, #5 Contoh Seni Rupa Terapan Nusantara

Loading...
Pengertian dan #5 contoh seni rupa terapan nusantara akan dibahas lengkap pada materi pelajaran seni budaya sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang pengertian dan fungsi karya seni rupa terapan dalam Mengidentifikasi Seni Rupa Terapan Nusantara yang akan di bahas didalam materi pendidikan seni budaya dan keterampilan adalah antara lain :

1. Pengertian seni rupa terapan.
2. Contoh seni rupa terapan.
3. Jenis-jenis seni rupa terapan nusantara.
4. Fungsi seni rupa terapan.

Pengertian seni rupa terapan

Seni rupa terapan atau disebut juga dengan seni pakai (applied art) adalah suatu karya seni rupa yang di buat untuk memenuhi kebutuhan praktis. Contoh seni rupa terapan adalah antara lain seperti berikut :
Pengertian, #5 Contoh Seni Rupa Terapan Nusantara

#5 contoh seni rupa terapan

1. Arsitektur.
2. Poster.
3. Keramik.
4. Baju.
5. Sepatu.
Dalam pembuatan seni pakai biasanya faktor kegunaan lebih diutamakan dari pada faktor keindahan atau artistiknya. Membuat karya seni rupa terapan tampak lebih sulit dibandingkan karya seni murni, hal ini dikarenakan membuat karya seni murni terasa lebih bebas dibanding membuat karya seni terapan karena tidak memperhitungkan fungsi.

Jenis-jenis seni rupa terapan nusantara

Karya seni rupa terapan nusantara dibedakan menjadi 2. Adapun #2 jenis karya seni rupa terapan nusantara adalah seni kriya dan karya seni desain. Berikut penjelasan lebih lengkapnya :

1. Karya seni kriya
Karya seni kriya adalah karya seni yang dikerjakan dengan tangan dan memerlukan kekriyaan atau keterampilan tinggi dalam pembuatannya.
2. Seni kriya desain
Seni kriya desain adalah cabang dari seni rupa terapan yang membutuhkan kemampuan berpikir secara konseptural dan estetis.
Adapun didalam karya seni rupa nusantara, yang sering ditemui adalah yang identik dengan seni kerajinan tangan. Karya seni rupa terapan nusantara yang berkembang di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Wujud karya seni rupa terapan di tiap daerah beragam karena masing-masing berkembang sesuai dengan kebudayaan masyarakatnya.

Fungsi seni rupa terapan

Fungsi karya seni rupa terapan dapat dibedakan menjadi dua. Adapun #2 fungsi karya seni rupa terapan adalah fungsi estetis dan fungsi praktis. Berikut penjelasan lebih lengkapnya :

1. Fungsi estetis
Fungsi estetis adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia tentang rasa keindahan. Contoh karya seni dengan fungsi estetis misalnya adalah lukisan, patung dan benda hias.
2. Fungsi praktis
Fungsi praktis adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia akan benda pakai. Contoh karya seni dengan fungsi praktis misalnya adalah vas bunga, kursi ukir dan bingkai foto.

Berdasarkan fungsinya dalam memenuhi kebutuhan manusia, seni dipilih menjadi beberapa kelompok yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Fungsi individual
Manusia terdiri dari unsur fisik dan psikis. Salah satu unsur psikis adalah emosi. Maka fungsi individual ini dibagi menjadi fungsi pisik dan fungsi emosi. Berikut penjelasannya :

a. Fisik
Fungsi fisik banyak dipenuhi melalui seni pakai yang berhubungan dengan fisik. Contohnya adalah seperti busana, perabot, rumah alat transportasi dan lain sebagainya.
b. Emosional
Fungsi emosional di penuhi melalui seni murni, baik dari senimannya maupun dari pengamat atau konsumennya. Contohnya adalah seperti lukisan, patung, film dan lain sebagainya.

2. Fungsi sosial
Fungsi sosial adalah dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kepentingan orang banyak dalam waktu relative bersamaan. Fungsi sosial di kelompokkan dalam beberapa bidang yaitu sebagai berikut :

1. Rekreasi / hiburan.
2. Komunikasi.
3. Edukasi / pendidikan.
4. Religi / keagamaan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan #5 contoh seni rupa terapan nusantara.
Loading...
Loading...