Pengertian Membaca Ekstensif Teks Nonsastra

Loading...
Pengertian membaca ekstensif teks nonsastra akan dibahas pada materi pelajaran bahasa indonesia sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang Makna Membaca Ekstensif Teks Nonsastra yang akan di bahas didalam materi pendidikan bahasa indonesia adalah antara lain :

1. Definisi membaca ekstensif.
2. #3 hal yang harus diperhatikan dalam membaca ekstensif.

Pengertian membaca ekstensif

Arti Membaca secara ekstensif adalah membaca tulisan atau wawancara yang secara komprehensif atau disebut dengan membaca pemahaman. Sedangkan pengertian membaca pemahaman atau dengan kata lain membaca komprehensi adalah kemampuan membaca untuk mengerti yang diantaranya yakni seperti ide pokok, detail yang penting dan seluruh pengertian. Untuk pemahaman itu, anda perlu memiliki kemampuan.
Pengertian membaca ekstensif teks nonsastra

#3 hal yang harus diperhatikan dalam membaca ekstensif

Dibawah ini terdapat beberapa hal-hal yang harus diperhatikan dalam membaca ekstensif teks nonsastra yang diantaranya yakni sebagai berikut :

1. Menentukan Ide Pokok Tiap Paragraf
Didalam kegiatan membaca cepat, yang dituntut tidak hanya dapat membaca dalam tempo waktu yang relatif sedikit bisa membaca ribuan kata demi kata, akan tetapi yang dituntut juga mampu dalam menemukan ide pokok pada tiap-tiap paragrafnya.
Baca juga : Cara Membaca Cepat teks Nonsastra
Tentunya, mungkin anda sudah memahami bahwa letak ide pokok didalam sebuah paragraf sangat mudah untuk dikenali. Didalam sebuah kalimat atau paragraf, ide pokok bisa berada terletak di awal, akhir, bahkan kombinasi diantara keduanya tersebut.

Oleh karena itu, sewaktu membaca ekstensif, carilah ide pokok didalam paragrafnya. Untuk memudahkan anda dalam mencari ide pokoknya, dapat juga melakukan beberapa langkah seperti yang dijelaskan di bawah.

2. Mengindetifikasikan fakta dan pendapat
Dalam artikel yang anda baca, yakni didalamnya terdapat fakta dan pendapat. Anda dapat mengindentifikasi fakta dan pendapat tersebut, dan berikut ini contoh kalimat fakta dan opini adalah sebagai berikut ini :

a. Contoh kalimat fakta
Keterbatasan fisik dirasakan Heri Suwarsono, 18, juga dialami tiga peserta SNMPTN lainnya yang membutuhkan perlakuan khusus.
b. Contoh kalimat pendapat
Barangkali dia membenarkan posisi tidurnya agar dapat menyimak soal-soal ujian teks potensi akademik pada ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Dari kedua contoh tersebut, anda dapat mengidentifikasi persamaan dan perbedaan antara yang mana kalimat fakta dan yang mana kalimat pendapat.
Baca juga : Pengertian, Ciri, Paragraf Deskriptif Serta Bentuk Dan Contohnya

Perbedaan kalimat fakta dan pendapat (opini)

Perbedaan antara kalimat fakta dan kalimat pendapat atau opini yaitu fakta adalah hal yang terjadi dan dapat di uji kebenarannya (akurat) dan sebaliknya, pendapat atau opini adalah argumen dari seseorang berkenaan dengan fakta yang terjadi.

Namun demikian, fakta dan pendapat bertujuan untuk menguatkan atau melemahkan fakta atau pendapat yang terdapat didalam berita.

3. Meringkas isi teks
Setelah anda membaca isi teks suatu kalimat atau paragraf, anda dapat membuat ringkasan isi teks. Ringkasan itu berupa rangkuman hal-hal yang penting atau pokok-pokok pembahasan yang terdapat didalam paragraf atau kalimat tersebut.

Demikian pembahasan mengenai pengertian membaca ekstensif teks nonsastra.
Loading...
Loading...