Pengertian, #3 Jenis Peternakan

Loading...
Pengertian peternakan dan #3 jenis peternakan akan dibahas lengkap pada materi pelajaran Geografi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang definisi dan pengelompokan peternakan didalam persebaran sumber daya alam di Indonesia yang masuk kedalam kategori sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources) yang akan di bahas didalam materi pendidikan geografi adalah antara lain :

1. Pengertian peternakan.
2. Jenis peternakan.

Pengertian peternakan

Peternakan adalah suatu kegiatan memelihara dan mengembangbiakan hewan yang berguna untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa makna peternakan adalah suatu kegiatan memelihara hewan yang memiliki fungsi didalam memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari.
Pengertian peternakan dan #3 jenis peternakan
Baca juga : Pengertian Dan Penggolongan Sumber Daya Alam
Dengan beternak (melakukan pemeliharaan atau pengembang biakan hewan), manusia dapat memperoleh keuntungan dari nilai jual hewan yang diternak. Misalnya seperti peternakan sapi, pada saat hari raya kurban (Idul Adha) banyak yang mencari dan membeli sapi untuk dikurbankan dan pada saat itu juga harga sapi relatif lebih mahal dari hari-hari biasanya.

Peternakan ayam pun demikian, banyaknya sekarang ini rumah makan, restaurant, maupun masyarakat yang membutuhkan ayam untuk dikonsumsi dan sebagai bahan untuk diolah menjadi makanan. Oleh karena itu, dengan beternak maka sama halnya dengan berinvestasi (mendapatkan keuntungan dimasa yang akan datang) jika dilakukan dengan serius. Di Indonesia peternakan tidak dikelompokkan berdasarkan ukuran usahanya, akan tetapi dikelompokan berdasarkan jenis hewan yang dipelihara.

Jenis peternakan

Dibawah ini terdapat #3 jenis atau macam peternakan yang dikelompokkan berdasarkan jenis hewan yang dipelihara yang dapat dijelaskan dengan lengkap antara lain sebagai berikut :

1. Peternakan hewan besar
Kegiatan peternakan hewan besar adalah kegiatan memelihara atau mengembang biakkan hewan yang meliputi kerbau, sapi dan kuda. Pemeliharaan ternak besar di Nusa Tenggara umumnya dilepas di padang rumput, hanya sebagian kecil yang dikandangkan. Sebaliknya, di jawa umumnya ternak dipelihara dan dikandangkan di sekitar rumah, serta dilepas diareal pertanian dan atau kebun.

2. Peternakan hewan sedang
Peternakan hewan sedang adalah kegiatan memelihara atau mengembang biakkan hewan yang meliputi kambing, domba, biri-biri dan babi. Kambing dan domba banyak terdapat di Jawa, Madura dan Sumatra.

3. Peternakan hewan unggas
Peternakan hewan unggas adalah kegiatan memelihara atau mengembang biakkan hewan ternak yang bercirikan dengan bersayap dan berkaki dua yang meliputi seperti ayam, itik dan burung. Saat ini kegiatan peternakan banyak dilakukan dalam skala besar oleh beberapa pengusaha, antara lain di kota Medan, Bandung, Jakarta, Semarang dan Makassar.

Budidaya ternak juga berpotensi menghasilkan limbah yang bermanfaat bagi pemilik atau rumah tangga disekitarnya. Caranya adalah dengan mengolah kotoran hewan-hewan tersebut menjadi biogas yang bermanfaat kemudian disalurkan melalui pipa-pipa kedapur masak penduduk.

Selain menghemat biaya bahan bakar, api yang dihasilkan oleh biogas tergolong ramah lingkungan sehingga menghambat kerusakan ozon. Bahkan, residu dari proses kimianya juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk cair dan kompos bagi pertanian.

Demikian pembahasan mengenai pengertian peternakan dan #3 jenis peternakan.
Loading...
Loading...