Pengertian, Perbedaan Sistem Saraf Dan Sistem Hormon

Loading...
Pengertian, perbedaan sistem saraf dan sistem hormon akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran biologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan mengenai materi sistem saraf dan sistem hormon pada tubuh manusia yang akan dijelaskan yakni antara lain :

1. Definisi sistem saraf.
2. Definisi sistem hormon.
3. Perbedaan sistem saraf dan sistem hormon.

Pengertian sistem saraf

Sistem saraf adalah suatu sistem pada organ tubuh manusia atau hewan yang mana, sistem tersebut terdiri dari serabut saraf yang tersusun oleh sel-sel saraf yang saling terkoneksi atau yang saling terhubung antara satu dengan lainnya, esensial guna persepsi sensoris indrawi, aktivitas motorik volunter dan involunter organ (jaringan tubuh) serta homeostasis oleh berbagai proses fisiologis pada tubuh.
Pengertian, Perbedaan Sistem Saraf Dan Sistem Hormon
Pengertian Serta Perbedaan Sistem Saraf Dan Sistem Hormon Pada Tubuh Manusia Atau Hewan

Pengertian sistem hormon

Sistem hormon adalah suatu sistem yang didalamnya melibatkan antara kelenjar-kelenjar yang berperan terhadap mensekresikan hormon. Sedangkan makna hormon adalah suatu zat kimia yang dibuat atau dihasilkan oleh kelenjar endokrin atau disebut juga dengan kelenjar buntu, namun fungsinya dijalankan pada tempat lain.

Hormon dibutuhkan didalam kuantitas yang sedikit, akan tetapi bagi tubuh manusia pengaruhnya sangatlah besar. Pada tubuh manusia, terdapat hormon yang mempunyai pengaruh cepat dan ada juga terdapat hormon yang mempunyai pengaruh lambat.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu sistem hormon, jenis-jenis hormon dan fungsi hormon pada tubuh manusia atau hewan, dapat kalian temukan pada halaman link sebagai berikut dibawah ini.


Perbedaan sistem saraf dan sistem hormon

Dibawah ini terdapat beberapa perbedaan antara sistem saraf dan sistem hormon pada manusia atau hewan adalah antara lain dapat dijelaskan satu persatu sebagai berikut :

Sistem saraf
- Kemampuan mengantar rangsang cepat.
- Sifat pengantar rangsang kadang kurang teratur.
- Alat penghantar rangsang berupa serabut-serabut saraf.

 Sistem hormon
- Kemampuan mengantar rangsang lambat, tapi teratur.
- Sifat penghantaran rangsang lebih teratur.
- Alat penghantar rangsang melalui pembuluh darah.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, perbedaan sistem saraf dan sistem hormon, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu sistem hormon dan sistem saraf, sistem hormon dan sistem saraf apa bedanya, perbedaan sistem hormon dan sistem saraf serta yang membedakan antara sistem hormon dan sistem saraf pada tubuh manusia atau hewan.
Loading...
Loading...