Pengertian, Rumus Persediaan Maksimum (Maximum Inventory) Menurut Ahli

Loading...
Pengertian, rumus persediaan maksimum (maximum inventory) menurut ahli akan dibahas lengkap dan detail pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang definisi penentuan persediaan maksimum, formula penentuan persediaan maksimum serta cara menghitung dan menentukan persediaan maksimum menurut ahli atau pakar yang akan dibahas didalam materi pendidikan ekonomi adalah antara lain :

1. Teori konsep persediaan maksimum (maximum inventory).
2. Formula penentuan persediaan maksimum (maximum inventory).

Pengertian persediaan maksimum

Dibawah ini terdapat konsep mengenai penentuan persediaan maksimum (maximum inventory) yang dapat dijelaskan yakni antara lain sebagai berikut.
Pengertian, Rumus Persediaan Maksimum (Maximum Inventory) Menurut Ahli

Assauri (2004:254)
Didalam bukunya menjelaskan bahwa pengertian persediaan maksimum atau maximum inventory adalah batas jumlah persediaan yang paling besar yang sebaiknya dapat diandalkan oleh perusahaan.

Adapun persediaan maksimum diperlukan oleh setiap perusahaan agar kuantitas atau jumlah persediaan yang ada pada gudang tidak berlebihan (over) sehingga tidak akan terjadi pemborosan modal kerja.

Rumus perhitungan persediaan maksimum

Adapun untuk mengetahui besarnya persediaan maksimum menurut Assauri (2004:254) dapat digunakan rumus yang diantaranya adalah antara lain sebagai berikut dibawah ini :
Maximum Inventory = Safety Stock + EOQ

Dimana penjelasan tersebut adalah antara lain sebagai berikut :
→ Maximum inventory adalah persediaan maksimum.
 Safety stock adalah persediaan pengaman.
 EOQ atau economic order quantity adalah kuantitas pembelian optimal.


Demikian pembahasan mengenai pengertian, rumus persediaan maksimum (maximum inventory) menurut ahli atau pakar, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui definisi persediaan maksimum, formula persediaan maksimum serta cara menghitung persediaan maksimum menurut para ahli atau pakar.

Daftar pustaka

Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. CP-FEUI : Jakarta.
Loading...
Loading...