Jenis Manusia Purba Dan Situs Purbakala Di Indonesia

Loading...
Jenis manusia purba dan situs purbakala di Indonesia akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran sejarah dalam materi pelajar sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan mengenai materi mengenal manusia purba dinegara Indonesia dan situs-situs purbakala dinegara Indonesia yang akan dijelaskan yakni antara lain :

1. Lokasi penemuan fosil manusia purba.
2. Jenis-jenis manusia purba.
3. Contoh situs-situs purbakala di Indonesia.

Penemuan-penemuan fosil manusia purba

Dinegara tercinta kita ini untuk sementara peninggalan manusia purba banyak ditemukan dan diketahui berada pada pulau Jawa. Adapun berikut dibawah ini akan disebutkan satu persatu beberapa penemuan-penemuan penting seperti fosil manusia pada beberapa tempat yang diantaranya seperti berikut.
Jenis Manusia Purba Dan Situs Purbakala Di Indonesia
Jenis-jenis manusia purba dan situs-situs purbakala

1. Sangiran
Sangiran adalah sebuah situs arkeologi yang terbilang paling penting yang terletak dipulau Jawa, Indonesia yang telah diakui oleh para ilmuwan sebagai salah satu situs yang ada didunia untuk mempelajari fosil manusia.

Adapun sangiran pertama kali ditemukan oleh P.E.C. Schemulling tahun 1864 dan disejajarkan dengan beberapa situs yang diantaranya adalah sebagai berikut.
a. Situs Zhoukoudian (Cina).
b. Situs Willandra Lakes (Australia).
c. Situs Olduvai Gorge (Tanzania).
d. Situs Sterkfontein (Afrika Selatan).

2. Trinil
Trinil adalah sebuah situs paleoantropologi yang terletak didesa Kawu, kecamatan Kedunggalar, kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Indonesia dan lebih kecil dari situs Sangiran seperti yang telah dijelaskan diatas.

Trinil yaitu sebuah kawasan atau desa dilembah (pinggiran) Bengawan Solo yang merupakan hunian kehidupan purbakala yang lebih tepatnya yakni zaman Pleistosen Tengah, yang berkisar satu juta tahun yang lalu.

Eugène Dubois (1891) merupakan seorang ahli anatomi yang menemukan spesimen manusia Jawa (bekas manusia purba pertama di luar Eropa) dan pada tahun 1893 ia menemukan Pithecanthropus erectus (fosil manusia purba), fosil hewan dan tumbuhan purbakala.

Jenis-jenis manusia purba

Dibawah ini terdapat beberapa jenis manusia purba yang pernah hidup dizaman praaksara yang dapat diuraikan antara lain sebagai berikut.
1. Jenis Meganthropus.
2. Jenis Pitchecanthropus.
3. Jenis Homo.


Situs purbakala di Indonesia

Adapun dibawah ini terdapat beberapa contoh situs-situs purbakala yang ada di Indonesia yaitu antara lain dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Situs purbakala Sangiran.
2. Situs purbakala Trinil.
3. Situs purbakala Patiayam.
4. Situs purbakala Kokas.
5. Gua Tewet.
6. Liang Bua.
7. Gua Pawan.
8. Gua Braholo.

Demikian pembahasan mengenai jenis manusia purba dan situs purbakala di Indonesia, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui lokasi penemuan fosil manusia purba, jenis-jenis manusia purba, contoh situs-situs purbakala di Indonesia, apa itu sangiran serta apa itu trinil.
Loading...
Loading...