Pengertian Partisipasi Masyarakat Menurut Para Ahli

Loading...
Pengertian partisipasi masyarakat menurut para ahli akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran sosiologi sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan yang akan dijelaskan pada materi pendidikan sosiologi dibawah ini yakni antara lain apa itu partisipasi masyarakat, definisi partisipasi masyarakat, arti partisipasi masyarakat, makna partisipasi masyarakat, teori dan konsep partisipasi masyarakat menurut para ahli dan pakar lengkap dengan daftar pustakanya.

Keterlibatan masyarakat secara langsung didalam proses pembangunan merupakan sebuah langkah awal untuk mencapai keberhasilan suatu pembangunan. Adapun untuk mewujudkan keberhasilan pembangunan, maka dibutuhkan inisiatif serta kreatifitas oleh anggota masyarakat yang lahir dari tanggung jawab dan kesadaran hidup bermasyarakat sebagai manusia serta tumbuh dan berkembangnya diharapkan sebagai suatu partisipasi.

Definisi partisipasi masyarakat

Gie (dalam Siagian, 2005:300)
Didalam bukunya beliau menjelaskan bahwa makna partisipasi adalah :
1. Suatu aktivitas untuk membangkitkan perasaan diikut-sertakan dalam kegiatan organisasi.
2. Ikut serta bawahan dalam kegiatan organisasi.
Pengertian Partisipasi Masyarakat Menurut Para Ahli
Partisipasi Masyarakat

Djalal dan Supriadi (dalam Yuwono, 2001:201-202)
Didalam bukunya beliau menjelaskan bahwa arti partisipasi adalah pembuat keputusan dengan menyarankan kelompok atau masyarakat ikut terlibat dalam bentuk penyampaian saran dan pendapat, bahan, keterampilan, barang dan jasa.

Untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai teori konsep partisipasi oleh para ahli lengkap dengan daftar referensinya, dapat kalian temukan dan pelajari pada halaman sebagai berikut dibawah ini.


Koentjaraningrat (1997:17)
Didalam bukunya beliau menjelaskan bahwa pengertian masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat-istiadat yang bersifat kontinyu dan terikat oleh suatu rasa identitas bersama.

Umumnya istilah masyarakat sering digunakan dan mengacu pada sekelompok orang-orang yang hidup secara bersama-sama didalam satu komunitas yang telah teratur. Untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai teori konsep masyarakat oleh para ahli lengkap dengan daftar referensinya, dapat kalian temukan dan pelajari pada halaman sebagai berikut dibawah ini.


Didalam bukunya Cohen dan Uphoff (dalam Supriatna, 2000:88) beliau menjelaskan bahwa inisiatif (prakarsa) didalam partisipasi dapat berasal dari bawah atau dengan kata lain masyarakat itu sendiri (buttom up) dan juga berasal dari pemerintah (top down).

Adapun pada pembangunan desa dengan bentuk swadaya yang berupa prakarsa dan inisiatif adalah sebuah titik awal dari partisipasi masyarakat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa partisipasi masyarakat adalah keikutsertaan masyarakat dalam proses pembangunan, baik pembangunan fisik maupun non fisik.

Demikian pembahasan mengenai pengertian partisipasi masyarakat menurut para ahli, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu partisipasi masyarakat, definisi partisipasi masyarakat, arti partisipasi masyarakat, makna partisipasi masyarakat, teori dan konsep partisipasi masyarakat menurut para ahli dan pakar lengkap.

Daftar pustaka

Koentjaraningkrat. 1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.
Siagian, Sondang. P. 2005. Administrasi Pembangunan, Konsep Dimensi dan Strateginya. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Supriatna, Tjahya. S.U. 2000. Strategi Pembangunan dan Kemiskinan. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.
Yuwono, Teguh. 2001. Manajemen Otonomi Daerah : Membangun Daerah Berdasarkan Paradigma Baru. Semarang: Ciyapps Diponegoro Universiti.
Loading...
Loading...