Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Loading...
Pengertian masyarakat menurut para ahli akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran sosiologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan yang akan dijelaskan pada materi pendidikan sosiologi dibawah ini yakni antara lain definisi masyarakat, apa itu masyarakat, arti masyarakat, makna masyarakat, teori masyarakat dan konsep masyarakat menurut para pakar dan ahli.

Pengertian masyarakat

Dibawah ini terdapat beberapa pengertian masyarakat berdasarkan dari beberapa pendapat para ahi dan pakar, apa saja arti dan makna dari masyarakat ?, simak pengertiannya pada uraian sebagai berikut.

McKeachie dan Doyle (dalam Jayadinata, 2000:26)
Didalam bukunya beliau menjelaskan bahwa definisi masyarakat adalah sekelompok manusia yang bergantung antara satu sama lain dan yang telah memperkembangkan pola organisasi yang memungkinkan mereka hidup bersama dan dapat mempertahankan diri sebagai kelompok.
Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Adapun istilah masyarakat dibedakan menjadi tiga golongan yakni antara lain masyarakat terkecil, masyarakat lebih besar dan masyarakat terbesar. Untuk mengetahui penjelasan masing-masing dari penggolongan masyarakat tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Masyarakat terkecil
Yang termasuk golongan masyarakat terkecil adalah keluarga.
2. Masyarakat lebih besar
Yang termasuk golongan masyarakat yang lebih besar adalah suku bangsa dan negara.
3. Masyarakat terbesar
Yang termasuk golongan masyarakat terbesar adalah seluruh umat manusia.

Koentjaraningrat (1997:17)
Didalam bukunya beliau menjelaskan bahwa makna masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat-istiadat yang bersifat kontinyu dan terikat oleh suatu rasa identitas bersama.

Adapun jaringan hubungan dan keterkaitan antar entitas-entitas masyarakat adalah suatu komunitas yang interdependen, maksudnya adalah antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya memiliki saling ketergantungan.

Pada umumnya mengenai istilah kata masyarakat, sering digunakan dan dipakai untuk mengacu pada sekelompok orang-orang yang sedang hidup bersama-sama didalam satu komunitas yang telah teratur.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa masyarakat merupakan suatu kesatuan hidup manusia yang mempunyai sebuah sistem kebiasaan dan tata cara hidup yang bersama serta mereka merupakan satu kesatuan sosial yang utuh.

Demikian pembahasan mengenai pengertian masyarakat menurut para ahli, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu masyarakat, definisi masyarakat, arti masyarakat, makna masyarakat, teori masyarakat dan konsep masyarakat menurut para pakar dan ahli.

Daftar pustaka

Jayadinata, T. Johara. 2000. Tata Guna Tanah Dalam Perencanaan Pedesaan, Perkotaan Dan Wilayah. Bandung: ITB.
Koentjaraningkrat. 1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.
Loading...
Loading...