Loading...

Pengertian Partisipasi Menurut Para Ahli

Loading...
Pengertian partisipasi menurut para ahli akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran sosiologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan yang akan dijelaskan pada materi pendidikan sosiologi dibawah ini yakni antara lain definisi partisipasi masyarakat, partisipasi sosial, arti partisipasi, makna partisipasi, teori partisipasi dan konsep partisipasi menurut para pakar dan ahli.

Pengertian partisipasi

Kata partisipasi adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris yakni participation. Adapun dibawah ini akan disebutkan dan dijelaskan satu persatu konsep partisipasi oleh para ahli yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Davis (2000:142)
Didalam bukunya beliau menjelaskan bahwa definisi partisipasi adalah keterlibatan mental dan emosional seseorang atau individu dalam situasi kelompok yang mendorong dia untuk berkontribusi terhadap tujuan kelompok dan mempertanggung-jawabkan keterlibatannya.
Pengertian Partisipasi Menurut Para Ahli
Partisipasi

Djalal dan Supriadi (dalam Yuwono, 2001:201-202)
Didalam bukunya beliau menjelaskan bahwa makna partisipasi adalah pembuat keputusan dengan menyarankan kelompok atau masyarakat ikut terlibat dalam bentuk penyampaian saran dan pendapat, bahan, keterampilan, barang dan jasa.

Echols & Shadily (dalam Soetrisno, 2000: 419)
Didalam bukunya beliau menjelaskan bahwa pengertian partisipasi adalah suatu kegiatan untuk membangkitkan perasaan dan di ikut-sertakan atau ambil bagian dalam kegiatan suatu organisasi.

Sumaryadi (2005:46)
Didalam bukunya beliau menjelaskan bahwa arti partisipasi adalah peran serta seseorang atau kelompok masyarakat dalam proses pembangunan baik dalam bentuk pernyataan maupun dalam bentuk kegiatan dengan memberi masukan seperti :

a. Pikiran.
b. Tenaga.
c. Waktu.
d. Keahlian (skill).
e. Modal (materi).
f. Ikut memanfaatkan dan menikmati hasil-hasil pembangunan.

Berdasarkan dari beberapa pendapat para ahli dan pakar diatas, jelas sekali bahwa keterlibatan masyarakat secara langsung dalam proses pembangunan adalah suatu langkah awal guna keberhasilan suatu pembangunan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian partisipasi menurut para ahli, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu partisipasi, definisi partisipasi masyarakat, arti partisipasi, makna partisipasi, teori partisipasi dan konsep partisipasi menurut para pakar dan ahli.

Daftar pustaka

Davis, Keith. 2000. Perilaku Dalam Organisasi, Edisi ketujuh. Jakarta: Erlangga.
Soetrisno, Loekman.2000. Menuju Masyarakat Partisipatif. Yogyakarta: Kanisius.
Sumaryadi, I Nyoman. 2005. Efektivitas Implementasi Kebijkan Otonomi Daerah. Jakarta: Citra Utama.
Yuwono, Teguh. 2001. Manajemen Otonomi Daerah : Membangun Daerah Berdasarkan Paradigma Baru. Semarang : Ciyapps Diponegoro Universiti.
Loading...
Loading...