Contoh Pantun Nasehat Agama Dan Maknanya

Loading...
Contoh pantun nasehat agama dan maknanya akan dibahas secara lengkap pada materi pelajaran bahasa Indonesia sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan yang akan diuraikan yakni apa arti dan contoh teks pantun nasehat agama, kumpulan contoh pantun nasehat agama jenaka, teka teki, pantun agama anak anak, pantun agama islam ramadhan serta pantun islami tentang cinta yang akan di bahas didalam materi pendidikan bahasa Indonesia adalah antara lain :

1. Pengertian pantun nasehat agama.
2. Contoh pantun nasehat agama.

Definisi pantun nasehat agama

Makna pantun nasehat agama adalah sebuah jenis pantun yang didalamnya berisikan kata-kata atau kalimat yang berupa suatu pemahaman (wejangan) yang terkait oleh hukum agama dan juga nasehat nasehat yang berpedoman pada aturan agama.

Biasanya dalam sebuah pantun agama didalamnya juga berisikan seruan-seruan untuk kebajikan dan juga dakwah-dakwah, namun cara penyampaiannya memakai kalimat atau kata seni yang enak didengar dan terbilang indah. Hal tersebut agar kalimat-kalimat yang disampaikan tergolong dan terkesan tidak menggurui.
Contoh Pantun Nasehat Agama Dan Maknanya
Pantun Nasehat Agama

Contoh pantun agama

Dibawah ini akan diuraikan beberapa contoh-contoh pantun nasehat agama, baik jenis pantun nasehat agama jenaka, teka-teki, anak-anak, pantun islami tentang cinta dan pantun agama islam ramadhan yang dapat disebutkan satu persatu lengkap dengan abstraksinya (makna yang tersirat didalamnya) antara lain sebagai berikut.

Orang barat pergi mengaji,
Ke braga jalan ke panti.
Meninggalkan salat jadi berani,
Seperti raga tak akan mati.
Abstraksinya adalah : Berani meninggalkan kewajiban shalat, seakan akan hidup selamanya. Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat agama.

Asam kandis asam gelugur,
Asam nukleat asam sulfat.
Menangis di pintu kubur,
Teringat badan tidak shalat.
Abstraksinya adalah : Penyesalan dialam kubur karena tidak menjalankan shalat selama hidup di dunia. Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat agama.

Buat apa berbaju batik,
Kalau tidak pake selendang.
Buat apa berwajah cantik,
Kalau tidak mau sembahyang.
Abstraksinya adalah : Percuma berparas cantik, kalau tidak pernah sembahyang. Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat agama jenaka.


Pergi ke pantai membawa tikar,
Harus permisi pada orang tua.
Anak baik dan anak pintar,
Pasti di sayang oleh semua.
Abstraksinya adalah : Menjadi anak baik dan pintar, pasti akan disayang oleh semua orang. Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat agama anak-anak.

Sungguh indah pintu dipahat,
Burung puyuh diatas dahan.
Kalau hidup hendak selamat,
Taat selalu perintah tuhan.
Abstraksinya adalah : Apabila ingin hidup selamat, maka harus mematuhi perintah-Nya . Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat agama.

Hilang bintang cahaya temaram,
Bunga randu jatuh ke jalan.
Pagi datang amat tentram,
Dengar syahdu suara adzan.
Abstraksinya adalah : Kedamaian dipagi hari saat mendengar kumandang adzan. Contoh pantun diatas adalah pantun agama.

Baca juga :

Nangka muda digulai lemak,
Buah keranji masak tersangkut.
Harta dunia jangan di tamak,
Kalau mati tak akan mengikut.
Abstraksinya adalah : Jangan serakah hidup di dunia karena harta tidak dibawa mati. Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat agama.

Kalau merasa pintar sendiri,
Tak mau dengar nasehat kanan kiri.
Ramadhan saatnya menilai diri,
Jangan merasa diri teramat tinggi.
Abstraksinya adalah : Dibulan ramadhan nilailah diri dan jangan tinggi hati. Contoh pantun diatas adalah pantun islam ramadhan.

Masuk Universitas harus berkorban,
Rela belajar tinggalkan dolan.
Ingin surga harus berkorban,
Lapar dahaga di siang ramadhan.
Abstraksinya adalah :Masuk surga butuh pengorbanan dengan cara berpuasa disiang ramadhan . Contoh pantun diatas adalah pantun agama islam ramadhan.

Pancing ikan dalam kolam,
Dapat banyak satu keranjang.
Tumbuhkan cinta setiap malam,
Dalam doa sujud panjang.
Abstraksinya adalah : Tumbuhkan cinta dengan perbanyak doa dan shalat malam. Contoh pantun diatas adalah pantun islami tentang cinta.

Kelelawar didalam goa,
Indah sekali burung bul-bul.
Sama-sama kita berdoa,
Bila berdoa pasti terkabul.
Abstraksinya adalah :Mari bersama-sama kita berdoa, bila jodoh pasti terkabul. Contoh pantun diatas adalah pantun islami tentang cinta.

Kemumu di dalam semak,
Jatuh sehelai selarasnya.
Meski ilmu setinggi tegak,
Tak sembahyang apa gunanya.
Abstraksinya adalah : Walau ilmu setinggi apapun, jika tidak shalat tidak ada gunanya. Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat agama jenaka.

Terang bulan terang Cahaya,
Cahaya memancar ke Tanjung Jati.
Jika kau ingin hidup bahagia,
Beramal ibadah sebelum mati.
Abstraksinya adalah : Bila ingin hidup aman dan sentosa, perbanyaklah amal ibadah sebelum ajal menjemput. Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat agama.

Baca juga : Contoh Pantun Nasehat 

Demikian pembahasan mengenai contoh pantun nasehat agama dan maknanya. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu teks pantun nasehat agama, pengertian pantun nasehat agama, apa arti pantun nasehat agama, makna pantun nasehat agama, definisi pantun nasehat agama, pantun nasehat agama, contoh teks pantun nasehat agama, kumpulan contoh pantun nasehat agama, pantun nasehat agama jenaka, teka-teki, pantun agama ank-anak, pantun agama islam ramadhan serta pantun islami tentang cinta.
Loading...
Loading...