Klasifikasi Kromosom Berdasarkan Bagian Dan Macamnya

Loading...
Klasifikasi kromosom berdasarkan bagian dan macamnya akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran biologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang pembagian kromosom serta macam-macam kromosom berdasarkan panjang, jenis dan fungsinya serta letak sentromernya yang akan dibahas didalam materi pendidikan biologi adalah antara lain :

1. Bagian-bagian kromosom.
2. Macam-macam kromosom.

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian kromosom, fungsi kromosom dan susunan kromosom secara detail dan lengkap. Jika kalian membutuhkan materi tersebut untuk kalian pelajari, maka kalian dapat mengunjungi halaman tersebut pada link tautan sebagai berikut dibawah ini.


Namun jika kalian sudah mempelajari hal tersebut dan selanjutnya kalian ingin mengetahui apa saja bagian-bagian dan macam-macam dari kromosom, dapat kalian simak pembahasannya secara detail satu persatu sebagai berikut dibawah ini.
Klasifikasi Kromosom Berdasarkan Bagian Dan Macamnya
Klasifikasi Kromosom

Bagian-bagian kromosom

Dibawah ini terdapat beberapa bagian-bagian yang ada pada kromosom yang diantaranya seperti sentromer (kinetokor) dan lengan kromosom (kromatid atau kromonema) yang dapat kalian ketahui pengertian dari masing-masing bagian tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Sentromer (kinetokor)

Sentromer atau kinetokor dengan kata lain disebut juga sebagai kepala kromosom. Pada saat proses pembelahan, sel berperan sebagai tempat atau wadah melekatnya benang-benang gelendong.

2. Lengan kromosom (kromatid atau kromonema)

Lengan kromosom atau kromatid atau kromonema adalah badan kromosom yang wujudnya berupa filamen tipis yang terlihat pada saat proses pembelahan sel pada tahap profase.

Macam-macam kromosom

Dibawah ini terdapat beberapa macam-macam yang ada pada kromosom yang berdasarkan letak sentromernya yang diantaranya adalah seperti telosentrik, submetasentrik dan metasentrik yang dapat kalian ketahui pengertian dari masing-masing macam kromosom tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Pengertian telosentrik

Telosentrik adalah kromosom yang sentromernya terletak diujung.

2. Pengertian submetasentrik

Submetasentrik adalah kromosom yang letak sentromernya berada tidak tepat ditengah, hal tersebut yang membuat lengan kromosom tidak sama panjang.

3. Pengertian metasentrik

Metasentrik adalah kromosom yang letak sentromernya berada ditengah, sehingga hal tersebut membagi lengan kromosom sama panjang.

Demikian pembahasan mengenai klasifikasi kromosom berdasarkan bagian dan macamnya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi untuk kalian didalam mencari tahu informasi mengenai pembagian kromosom serta macam-macam kromosom pada materi substansi genetik.
Loading...
Loading...