Virus (Pengertian, Ciri-Ciri, Bentuk, Klasifikasi Serta Pencegahan Dan Penyembuhan Virus)

Loading...
Pengertian virus, ciri-ciri, bentuk, klasifikasi serta pencegahan dan pengobatan virus akan dijelaskan secara detail pada materi pelajaran biologi pada kelas x sebagai berikut ini. Virus adalah parasit mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis.

Adapun point pokok pembahasan yang tentunya djelaskan dibawah ini yakni seputar apa arti dan makna virus, ciri-ciri, bentuk, klasifikasi serta pencegahan dan pengobatan virus didalam kehidupan manusia yang akan dijelaskan secara detail di dalam beberapa pembagian point materi biologi berikut ini adalah antara lain :

1. Pengertian virus.
2. Ciri-ciri virus.
3. Bentuk virus.
4. Klasifikasi virus.
5. Pencegahan dan pengobatan virus.

Pengertian Dan Ciri-Ciri Virus

Definisi virus

Virus adalah mikroorganisme terkecil yang tidak mempunyai sel dan hanya memiliki kode genetik saja yang hidupnya menginfeksi sel inang. Virus hanya dapat bereproduksi didalam material hidup dengan menguasai dan memanfaatkan sel makhluk hidup dikarenakan virus tidak memiliki perlengkapan untuk bereproduksi.

Ciri-ciri virus

Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri virus yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bersifat pasif.
2. Organisme subrenik, dalam arti hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron.
3. Hanya dapat berkembang biak didalam satu sel jaringan yang hidup.
4. Dapat dinyatakan benda hidup karena memiliki kemampuan metabolism, reproduksi dan memiliki asam nukleat dan juga bisa dinyatakan benda mati karena dapat dikristalkan dan tidak mempunyai protoplasma.
5. Tidak berupa sel, karena tidak memiliki protoplasma, dinding sel, sitoplasma dan nukleas.

Bentuk-bentuk virus

Adapun bentuk-bentuk dari virus dapat kita ketahui secara jelas dibawah ini :

1. Silindris
2. Kotak
3. Oval
4. Memanjang
5. Polyhedron

Klasifikasi virus

Dibawah ini terdapat kalsifikasi-klasifikasi virus yakni akan dijelaskan secara rinci diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Berdasarkan tempat hidupnya
- Bakteriofage (virus bakteri) adalah virus yang menggandakan dirinya sendiri dengan menyerang bakteri.
- Virus yang parasit pada sel tumbuhan misalnya Tobacco Mosaic Virus (TMV) dan Beet Yellow Virus (BYV).
- Virus yang parasit pada sel hewan, misalnya virus Poliomylitis, virus Vaccina dan virus Influrnza.

2. Berdasarkan molekul yang menyusun asam nukleat
- DNA pita tunggal (DNA ss).
- DNA pita ganda (DNA ds).
- RNA pita tunggal (RNA ss).
- RNA pita ganda (RNA ds).

3. Berdasarkan ada tidaknya selubung virus
- Virus yang memiliki selubung tentunya mempunyai nukleokapsid yang dibungkus oleh membran. Didalam membran terdapat dua lipid dan protein (glikoprotein). Fungsi dari membran adalah sebagai struktur yang utama berinteraksi. Contohnya Herpesvirus, Corronavirus dan Orthomuxovirus.

- Virus yang tidak memiliki selubung biasanya hanya memiliki kapsid (protein) dan asam nukleat. Contohnya Papovirus, Adenovirus dan Reovirus.

Pencegahan dan pengobatan virus

Penyembuhan penyakit akibat infeksi virus biasanya disalah-antisipasikan dengan menggunakan antibiotik, yang sama sekali tidak mempunyai efek terhadap kehidupan virus. Resistansi bakteri (ketahanan) terhadap antibiotik merupakan efek samping setelah menggunakan antibiotik tersebut.

Dengan begitu dibutuhkan segera pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan bahwa apakah bakteri atau virus akan menyebabkan suatu penyakit. Seperti kita ketahui bahwa infeksi virus atau bakteri biasanya menimbulkan demam, hanya saja infeksi bakteri akan meningkatkan kadar sel darah putih.

Jika biaya merupakan alasan utama untuk dirawat di rumah sakit , maka pemeriksaan sel darah putih saja sudah cukup, dikarenakan infeksi virus tidak dapat diobati dengan anti-biotik dan pada umumnya infeksi virus akan sembuh secepatnya dengan cara istirahat yang full dan juga cakupan gizi yang cukup.

Demikian pembahasan secara detail tentang pengertian virus, ciri-ciri, bentuk, klasifikasi serta pencegahan dan penyembuhan virus. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu virus, pengertian virus, makna virus, definisi virus, arti virus, ciri-ciri, bentuk, klasifikasi serta pencegahan dan pengobatan virus.
Loading...
Loading...