Cara Menyelenggarakan Pertunjukan Seni Musik Dan Hal-Hal Yang Dipersiapkan

Loading...
Cara menyelenggarakan pertunjukan seni musik dan hal-hal yang dipersiapkan akan diuraikan dibawah ini secara ringkas dan lengkap dalam materi pendidikan seni budaya dan keterampilan. Menyelengarakan pertunjukan seni musik dilakukan untuk menampilkan sebuah karya masyarakat agar dinilai dan berkembang.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar penyelenggaraan pertunjukan seni musik yakni apa saja persiapan yang harus disiapkan saat ingin menyelengarakan pertunjukan seni musik, aspek-aspek pendukung penyelenggaraan pertunjukan seni musik serta apa saja manfaat pertunjukan musik yang tentu saja akan dibahas dalam materi pelajaran seni budaya dan keterampilan sebagai berikut ini.

Hal-hal yang dipersiapkan sebelum menyelenggarakan pertunjukan musik

Sebelum mengadakan suatu pertunjukan musik, terdapat beberapa hal yang harus di persiapkan dan semua keperluan pentas serta berlatih secara rutin. Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum pertunjukan musik dilaksanakan yakni diantaranya adalah sebagai berikut.

Cara Menyelenggarakan Pertunjukan Seni Musik Dan Hal-Hal Yang Dipersiapkan

1. Kreasi musik
Kreasi musik yang telah diciptakan diharuskan untuk selalu berlatih guna mencapai hasil yang optimal. Kreasi musik itulah yang akan mempengaruhi suatu alat musik atau instrumen musik yang akan ditampilkan.

2. Pembentukan panitia
Setelah kreasi musik tuntas, hal selanjutnya adalah pembentukan panitia. Panitia memiliki tugas untuk mengurus segala sesuatu tentang pertunjukan, dimulai dari perijinan tempat, publikasi, dokumentasi, kesekretariatan dan lain-lain. Hal tersebut sangatlah penting, agar pertunjukan dapat berlangsung sesuai yang dinginkan.

3. Konsep pertunjukan
Didalam konsep pertunjukan harus disusun secara matang. Susunan acara, suasana yang tentunya akan ditampilkan haruslah indah dan cerah dan urutan pertunjukan. Segala sesuatunya harus dipersiapkan secara cepat, dijauh-jauh hari sebelum acara pertunjukan musik laksanakan.

4. Master of ceremony (MC)
Pertunjukan musik tidak akan berlangsung jika tidak adanya seorang MC yang memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah pentas musik. MC adalah penghubung antara pemusik serta panitia dengan penonton. Adapun tugas lain dari MC adalah sebagai pengisi kekosongan waktu dan jeda didalam suatu pertunjukan sehinga situasi dapat terkendali.

5. Konsep panggung (pentas)
Panggung atau pentas harus dilengkapi dengan properti yang sesuai dibutuhkan. Jika pertunjukan dilaksanakan di malam hari, panggung harus dilengkapi pencahayaan yang sangat terang.

Aspek-aspek pendukung pertunjukan musik

Dalam pelakasanaan pementasan seni musik, perlu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam aspek pendukung. Apa saja aspek pendukung tersebut yakni akan diuraikan sebagai berikut diantaranya adalah :

1. Penataan ruang pementasan seperti telah jelaskan dalam konsep panggung diatas.
2. Perencanaan jadwal pementasan
Agar penyajian pertunjukan dapat berjalan dengan lancar, maka perlu adanya susunan perencanaan dan jadwal penampilan atau susunan acara yang sesuai dengan tanggung jawab yang telah dibuat oleh ketua dan sekretaris.

3. Penguasaan materi musik
Semua pemain diharuskan untuk menguasai materi yang telah disiapkan, karena penguasaan materi yang baik tentunya akan menentukan kesuksesan dalam sebuah pertunjukan.

4. Kelengkapan alat
Kelengkapan peralatan dan kelengkapan lainnya harus disiapkan sehari sebelum acara pertunjukan berlangsung, yang diantaranya yakni seperti lampu, dekorasi dan lain-lain. Selain aspek-aspek tersebut diatas, masih banyak lagi hal-hal yang harus dipersiapkan seperti termasuk segi keamanan, segi konsumsi dan lain sebagainya.

Manfaat pertunjukan musik

Dibawah ini merupakan manfaat-manfaat dalam pelaksanaan pertunjukan musik yakni diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sebagai media ekspresi dan apresiasi.
2. Dengan adanya pertunjukan musik tentu akan memperoleh tanggapan, penilaian serta penafsiran dari berbagai masyarakat.
3. Sebagai latihan berorganisasi, karena didalam prosesnya terdapat kerjasama serta tanggung jawab yang besar.
4. Mengevaluasi karya.

Demikian pembahasan tentang cara menyelenggarakan pertunjukan seni musik dan hal-hal yang dipersiapkan. Semoga uraian diatas bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa saja persiapan yang harus disiapkan saat ingin menyelengarakan pertunjukan seni musik, aspek-aspek pendukung penyelenggaraan pertunjukan seni musik serta apa saja manfaat pertunjukan musik.
Loading...
Loading...