Pengertian Mengaransemen Karya Seni Musik Non Tradisional Lengkap Dengan Langkah-Langkahnya

Loading...
Pengertian mengaransemen karya seni musik non tradisional lengkap dengan langkah-langkahnya akan diuraikan dibawah ini secara ringkas dan lengkap dalam materi pendidikan seni budaya dan keterampilan. Mengaransemen sebuah musik tentu sangatlah mudah, dengan tujuan untuk mencapai sebuah nilai artistik tanpa harus menghilangkan karakter musik tersebut.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar mengaransemen karya seni musik non tradisional nusantara yakni seputar apa itu yang dimaksud dengan aransemen lagu, arti dan makna aransemen musik, persyaratan mengaransemen lagu, struktur mengaransemen lagu dan langkah-langkah cara mengaransemen lagu yang tentu saja akan dibahas dalam materi pelajaran seni budaya dan keterampilan, berikut penjelasannya mengenai mengaransemen lagu.

Definisi aransemen

Makna aransemen lagu adalah menambah serta mengurangi bagian-bagian dari sebuah lagu tanpa menghilangkan struktur aslinya. Adapun konsep dasar dari mengaransemen lagu ini yakni hanya menambah beberapa improvisasi di musik tersebut (intro, bridge, melodi ataupun penutup) maupun vokalnya.

Pengertian Mengaransemen Karya Seni Musik Non Tradisional Lengkap Dengan Langkah-Langkahnya

Dalam hal mengaransemen sebuah lagu perlu adanya ketekunan, kepekaan, kreativitas serta latihan yang rutin. Agar lebih paham lagi mengenai kreativitas dalam mengaransemen sebuah lagu, akan dijelaskan secara singkat dan jelas yakni diantaranya :

1. Ide artistik
Makna ide artistik adalah suatu pikiran yang muncul pada diri seseorang untuk membuat sebuah lagu. Hal itu tentu saja dapat diperoleh dari dalam maupun diluar berupa Inspirasi, spontanitas dan simulasi.

2. Kemampuan teknis
Makna kemampuan teknis adalah suatu keberhasilan yang bersifat nyata dari ide artistik. Kemampuan ini dapat ditunjang dengan tiga hal yakni seperti bakat, pendidikan dan sensitivitas.

Persyaratan mengaransemen lagu

Berikut ini merupakan syarat-syarat mengaransemen lagu pada instrumen tunggal yang memerlukan beberapa modal dasar yakni diantaranya adalah :
1. Mengetahui akor dan scale pokok.
2. Memiliki bakat teknik permainan yang memadai.
3. Mengenal jenis-jenis musik.
4. Mempelajari musik dengan rasa yang mendalam atau mengkhayati.

Struktur mengaransemen lagu

Dibawah ini terdapat struktur-struktur mengaransemen lagu yakni diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bagian-bagian lagu
Adapun bagian-bagian lagu yang harus di perhatikan sebelum mengaransmen sebuah lagu yakni diantaranya :
- Introduksi
- Chorus
- Interlud
- Refrein
- Fine
- Coda

2. Struktur aransemen musik
Dalam mengaransemen sebuah lagu terdapat beberapa struktur-struktur aransemen yang harus dilakukan yakni diantaranya :
- Introduksi
- Lagu pokok
- Interlude
- Pengembangan
- Coda
- Transposisi

Langkah-langkah mengaransemen lagu

Untuk mengaransemen sebuah lagu, kita dituntut untuk mengerti musik dan juga diharuskan untuk bisa memainkan serta mengiringi sebuah lagu dengan instrumen musik seperti gitar ataupun keyboard. Adapun langkah-langkah yang harus diterapkan dalam mengaransemen sebuah lagu yakni sebagai berikut :

1. Mengenal lagu yang akan diaransemen.
2. Referensi musik.
3. Pengaruh lirik terhadap aransemen.
4. Teknik pengulangan.
5. Minta pendapat orang lain.
6. Membuat sedikit variasi apabila lagu terbilang sederhana.
7. Mempelajari teori kombinasi.
8. Mengenal variasi reff.
9. Adanya kebersamaan dalam berkarya.
10. Mengevaluasi lagu.

Untuk lebih menyempurnakan dalam mengaransemen sebuah lagu, maka kita dapat melakukan kreasi pada elemen-elemen dasar musik tersebut yang diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Pola ritmik
Pola ritmik adalah pola-pola panjang pendeknya not-not yang ada didalam aransemen. Baik itu ada pada melodi ataupun pada birama dasarnya.
2. Timbre
Timbre adalah tone color atau sering disebut dengan warna suara. Biola dan gitar memiliki sejumlah teknik untuk menghasilkan warna warna yang berbeda. Pada gitar, perbedaan posisi jari kanan saja bisa menentukan warna suara lembut.
3. Harmoni
Harmoni berfungsi sebagai seni memilih dan juga meracik nada-nada yang berbeda untuk dibunyikan simultan ataupun yang berurutan.


Demikian pembahasan mengenai pengertian mengaransemen karya seni musik non tradisional lengkap dengan langkah-langkahnya, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu yang dimaksud dengan aransemen lagu, pengertian, definisi, arti dan makna aransemen musik, persyaratan mengaransemen lagu, struktur mengaransemen lagu dan langkah-langkah cara mengaransemen lagu.
Loading...
Loading...