Pengertian Lumut Kerak (Liken), Habitat Dan Contohnya

Loading...
Pengertian lumut kerak (liken), habitat dan contoh lumut kerak akan dijelaskan secara detail pada materi pelajaran Biologi sebagai berikut ini. Lumut kerak pada umumnya bukanlah jenis lumut, hanya saja merupakan gabungan dari dua organisme yang bersimbiosis mutualisme yakni ganggang (ganggang hijau dan ganggang biru) dengan jamur.

Adapun dibawah ini point pokok pembahasan yang tentunya akan dijelaskan secara detail yakni seputar lumut kerak yang diantaranya adalah apa itu yang dimaksud dengan lumut kerak atau liken, habitat lumut kerak, jenis dan contoh lumut kerak serta bagaimana cara sistem reproduksi lumut kerak.

Definisi lumut kerak (liken)

Lumut kerak atau liken adalah gabungan antara dua jenis organisme yang hidupnya bersimbiosis mutualisme yakni gangang hijau atau ganggang biru dengan jamur. Dengan menyatunya ganggang dengan jamur, tentu sangat sempurna sehingga terlihat menjadi satu jenis organisme tunggal.

Pengertian Lumut Kerak (Liken), Habitat Dan Contohnya
Gambar Lumut Kerak Batuan Batu Kapur

Habitat lumut kerak (liken)

Lumut kerak atau liken hidup ditempat yang sangat ekstrem, misalnya adalah seperti pada lahan bekas aliran lahar gunung berapi, gurun, hutan bekas terbakar, batu-batuan menempel pada pohon-pohon bahkan didaerah kutub yang bersuhu dingin.

Beberapa liken dapat menghasilkan zat kimia dan zat asam yang dapat melapukan batu-batuan hingga menjadi tanah, oleh karena itu liken merupakan hewan perintis. Liken memungkinkan tumbuhan lain seperti lumut dan paku tumbuh dilahan baru. Liken mengawali terjadinya suksesi, yang artinya proses perubahan struktur jenis organisme yang hidup didalam suatu komunitas.

Beberapa jenis liken sangat peka terhadap polusi udara, misalnya Usnea sp. (Lumut Janggut). Liken ini dapat digunakan sebagai indikator polusi udara disuatu daerah. Apabila disuatu daerah masih ditemukan liken yang hidup, berarti udara didaerah tersebut belum terpolusi.

Sistem reproduksi lumut kerak (liken)

Lumut kerak atau liken dapat bereproduksi sebagai unit simbiosis atau satu kesatuan organisme, dengan fragmentasi induk liken dan pembentukan soredia. Fragmentasi terjadi jika ada pemutusan dan pemisahan sebagian tubuh induk, kemudian bagian tubuh tersebut tumbuh menjadi liken baru.

Sementara itu soredia adalah kumpulan hifa yang mengandung sel ganggang didalamnya. Soredia terdapat di permukaan liken dan terlihat berwarna putih seperti tepung. Jika soredia ini jatuh di tempat yang cocok tentu akan tumbuh menjadi liken baru.

Contoh lumut kerak (liken)

Liken memiliki bentuk yang berbeda-beda, adapun bentuk-bentuk serta jenis liken tersebut dapat diuraikan pada contoh liken sebagai berikut dibawah ini diantaranya adalah :

1. Usnea berbentuk frutikosa yakni seperti semak yang hidup menempel di pohon-pohon yang tumbuh di daerah berudara sejuk serta tidak ada polusi udara. Usnea juga dapat disebut dengan kayu angin.
2. Parnelia yang berbentuk seperti foliosa atau lembaran seperti daun yang hidup menempel pada kulit pohon.
3. Krustosa yang berbentuk seperti kerak atau olesan cat.
4. Skuamulosa yang bersisik, peralihan antara liken foliosa dengan krustosa.

Demikian pembahasan tentang pengertian lumut kerak (liken), habitat dan contohnya, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi dalam mengetahui apa itu yang dimaksud dengan lumut kerak atau liken, habitat lumut kerak, jenis dan contoh lumut kerak serta bagaimana cara sistem reproduksi lumut kerak.
Loading...
Loading...