Cnidaria (Cara Hidup, Ciri-Ciri Tubuh, Habitat, Struktur Dan Fungsi Tubuh Cnidaria)

Loading...
Cnidaria akan dijelaskan secara detail dalam materi pelajaran Biologi pada kelas x sebagai berikut ini. Secara etimologi Cnidaria berasal dari bahasa Yunani yakni “Cnidos” yang artinya jarum penyengat. Pengertian cnidaria adalah kelompok hewan coelenterata yakni hewan invertebrata yang memiliki rongga tubuh sebagai alat pencernaan makanan (gastrovaskuler).

Cnidaria merupakan sebuah filum yang terdiri atas 10 ribu spesies hewan yang tergolong sederhana dan hanya dapat ditemukan di perairan atau daerah dengan lingkungan laut. Pada pembahasan dibawah ini akan dijelaskan seputar cnidaria yakni bagaimana cara hidup cnidaria, seperti apa ciri-ciri tubuh cnidaria, habitat cnidaria, struktur serta fungsi tubuh cnidaria.

Habitat cnidaria dan cara hidupnya

Habitat cnidaria sebagian besar hidup di lingkungan air laut serta hanya beberapa spesies saja yang hidup di air tawar dan cnidaria hidup di daerah perairan yang dangkal secara berkoloni (soliter).

Habitat, Ciri-Ciri Dan Cara Hidup Cnidaria
Cnidaria

Cnidaria berbentuk polip dengan cara hidup melekal (sesil) pada suatu substrat, sedangkan yang berbentuk medusa bergerak melayang atau dengan kata lain berenang bebas didalam air. Selain dari pada hal tersebut, cnidaria hidup secara heterotrof sebagai karnivor dengan memakan udang serta ikan kecil.

Ciri-ciri cnidaria

Cnidaria ciri-cirinya adalah ukuran tubuh cnidaria dapat dikatakan bervariasi, hal tersebut karena terdapat cnidaria yang berukuran beberapa militer hingga ada yang berdiameter 2 meter, contoh cnidaria tersebut misalnya adalah Cyanea Capillata yang berbentuk simetri radial. Tubuh cnidaria dapat dibedakan menjadi polip dan medusa.

Adapun polip berbentuk silindris yang memiliki dua ujung yaitu ujung yang satu sebagai mulut yang di kelilingi oleh tentakel, sedangkan ujung yang lainnya sebagai aboral yang melekat pada substrat. Medusa berbentuk seperti lonceng, payung dan juga mangkok terbalik, dimana bagian cembung lebih mengarah ke atas sedangkan yang cekung memiliki mulut dan tentakel lebih mengarah ke bawah.

Struktur dan fungsi tubuh cnidaria

Cnidaria adalah hewan yang memiliki dua lapisan embrionik (diplobastik) yakni ektoderm dan endoderm. Adapun tubuh cnidaria terdiri atas tiga lapisan yakni yang diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini :

1. Epidermis
Epidermis adalah lapisan tubuh paling luar yang tersusun atas lima macam sel, yaitu sel epitel otot, sel interstisial, sel knidosit, sel kelenjar lendir dan sel saraf indra. Didalam knidosit terdapat kapsul penyengat nematosista. Nematosista paling banyak terdapat ditentakel serta ujung mulut dan racun yang telah dikeluarkan nematosista pada umumnya tidak membahayakan manusia, misalnya Hydra. Akan tetapi ada yang menyebabkan rasa sakit, panas dan bahkan dapat mengakibatkan kematian, misalnya adalah pada jenis ubur-ubur Chironex.

Nematosista hanya dapat digunakan sekali saja sehingga perlu dibentuk knidosit baru. Sel-sel interstisial berfungsi dalam regenerasi serta menghasilkan tipe sel lainnya, antara lain knidosit, sel benih dan sel telur. Sel indra berhubungan dengan sel saraf yang tersusun seperti jala pada epidermis yang berdekatan dengan mesoglea.

2. Mesoglea
Mesoglea adalah rongga-rongga yang berisi bahan seperti gelatin dan tidak mengandung sel-sel. Adapun letak mesoglea diantara epidermis dan gastrodermis.

3. Gastrodermis
Gastrodermis terdiri atas beberapa macam sel, yakni sel otot pencerna berflagela, sel kelenjar enzim dan sel kelenjar lendir. Sebagian besar cnidaria memiliki nematosista pada gastrodermisnya, akan tetapi Hydra tidak. Pada gastrodermis beberapa Hydra terdapat zoochlorella yang hidup bersimbiosis dengan Hydra, sehingga Hydra menjadi berwarna hijau cerah.

Demikian pembahasan tentang cnidaria seperti cara hidupnya, ciri-ciri tubuhnya, habitatnya, struktur dan fungsi tubuh cnidaria. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi dalam mengetahui apa itu yang dimaksud dengan cnidaria, cara hidup cnidaria, seperti apa ciri-ciri tubuh cnidaria, habitat cnidaria, struktur serta fungsi tubuh cnidaria.
Loading...
Loading...