Pengertian Manajemen Transportasi Udara

Loading...
Pengertian manajemen transportasi udara akan diuraikan secara lengkap pada materi pelajaran ekonomi dan bisnis sebagai berikut dibawah ini. Manajemen merupakan suatu hal yang sangat erat sekali kaitannya dengan proses pencapaian tujuan suatu organisasi dengan berdasarkan aspek perencanaan serta pengorganisasian anggota dan juga kepemimpinan.

Transportasi merupakan suatu hal yang sangat erat sekali kaitannya dengan perpindahan manusia dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan berdasarkan penggunaan alat berupa kendaraan baik mobil, motor, pesawat dan lain sebagainya. Sedangkan udara merupakan suatu hal yang sangat erat sekali kaitannya dengan lapisan ruang berupa gas yang ada diatas permukaan bumi dan diantara atmosfer.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijelaskan seputar manajemen transportasi udara adalah seputar apa yang dimaksud dengan manajemen transportasi udara, pengertian manajemen transportasi udara, definisi manajemen transportasi udara, arti manajemen transportasi udara, makna manajemen transportasi udara, konsep manajemen transportasi udara lengkap dengan Undang-undang yang mengatur tentang sistem angkutan udara, unsur-unsur yang ada di dalam transportasi, tugas utama manajemen transportasi serta kelebihan dan kekurangan dari transportasi udara.

Pengertian Manajemen Transportasi Udara
Pengertian Manajemen Transportasi Udara

Definisi manajemen transportasi udara

Pada pembahasan dibawah ini akan diuraikan apa itu manajemen, transportasi dan udara, undang-undang yang mengatur, unsur-unsur dalam transportasi, tugas pokok manajemen transportasi, kelebihan dan kekurangan transportasi udara serta kelas-kelas bandara udara sebagai berikut :

Pengertian manajemen

Manajemen adalah sebuah proses atau cara didalam upaya untuk mencapai suatu tujuan organisasi (kelompok) berdasarkan dengan model kerja sama dengan orang-orang serta sumber daya yang dimiliki oleh organisasi. Manajemen juga dapat diartikan sebagai suatu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan juga pengendalian dari anggota dalam organisasi atau kelompok.

Pengertian transportasi

Transportasi adalah suatu bentuk perpindahan yang dilakukan oleh manusia ataupun barang yang dari suatu tempat kemudian ke tempat yang lainnya dengan cara penggunaan sebuah kendaraan (mobil, motor, pesawat dan lainnya) yang digerakkan baik dari manusia itu sendiri dan juga mesin. Transportasi juga dapat diartikan sebagai suatu alat yang mempermudah manusia untuk melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan sehari-hari.

Pengertian udara

Udara adalah suatu lapisan ruang yang ada diantara atmosfer dan permukaan bumi yang berupa gas yang mengelilingi permukaan bumi. Adapun kandungan udara kering adalah 78,09% oleh nitrogen, 20,95% oleh oksigen, 0,93% oleh argon, 0,04% oleh karbon dioksida serta gas lainnya yang terdiri atas hidrogen, neon, metana, helium, ozon, kripton, xenon dan radon.

Pengertian manajemen transportasi udara

Berdasarkan konsep manajemen, transportasi dan udara yang telah dijelaskan diatas maka dapat disimpulkan bahwa manajemen transportasi udara adalah suatu bentuk proses pengelolaan dan pemindahan baik berupa barang maupun manusia dari suatu tempat ke tempat yang lainnya dengan cara memakai alat yang berupa kendaraan yang bisa terbang di udara dan atmosfir menuju ke tempat yang diinginkan.

Undang-undang yang mengatur tentang penerbangan

Undang-undang yang mengatur tentang sistem angkutan udara (penerbangan) adalah Undang-undang Republik Indonesia nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan yang berbunyi “penerbangan di definisikan sebagai satu kesatuan sistem yang terdiri atas pemanfaatan wilayah udara, pesawat udara, bandar udara, angkutan udara, navigasi penerbangan, keselamatan dan keamanan, lingkungan hidup serta fasilitas penunjang dan fasilitas umum lainnya”.

Unsur-unsur transportasi

Unsur-unsur yang harus ada didalam sebuah transportasi adalah yang meliputi diantaranya adalah seperti berikut dibawah ini :

1. Ada muatan yang akan di angkut.
2. Ketersediaan kendaraan sebagai alat pengangkut.
3. Ada rute atau jalanan yang bisa di lewati.
4. Ketersediaan terminal baik dari terminal asal maupun terminal tujuan.
5. Sumber daya manusia (SDM) dan juga organisasi (kelompok) serta manajemen penggerak kegiatan transportasi.

Tugas pokok manajemen transportasi

Didalam proses manajemen transportasi, terdapat 3 tugas utama yang akan dihadapi yaitu diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini :

1. Menyusun dan menata transportasi serta program-program guna mencapai visi dan misi dari organisasi secara menyeluruh.
2. Meningkatkan dan menambah produktivitas serta kinerja organisasi atau perusahaan.
3. Menjalankan angkutan secara garis besar.

Kelebihan dan kekurangan dari transportasi udara

Setiap jenis kendaraan pastinya memiliki kelebihan dan kelemahan sesuai dengan peruntukannya, pada penjelasan berikut ini akan diuraikan apa saja kelebihan dan kekurangan yang terjadi pada ruang lingkup transportasi udara yakni diantaranya adalah sebagai berikut :

Kelebihan transportasi udara
1. Kecepatan yang tidak perlu diragukan lagi, sehingga tujuan perjalanan cepat ditempuh.
2. Ketepatan waktu pastinya juga menjadi nilai lebih.
3. Aman dan terjamin.

Kekurangan transportasi udara
1. Biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal.
2. Keberangkatan sangat tergantung oleh cuaca yang terjadi.
3. Tidak bisa banyak mengangkut muatan, terutama muatan dalam kuantitas yang besar.
4. Jika ukuran pesawat besar, maka tidak bisa singgah di bandara yang kecil.
5. Daerah yang tidak memiliki bandara tidak dapat di singgahi.

Demikian pembahasan mengenai pengertian manajemen transportasi udara. Semoga uraian diatas mengenai manajemen transportasi udara bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi yang edukatif didalam mengetahui apa itu yang dimaksud dengan manajemen transportasi udara, pengertian, definisi, arti, makna, konsep manajemen transportasi udara lengkap dengan undang-undang yang mengatur mengenai sistem penerbangan, unsur-unsur transportasi, tugas utama manajemen transportasi serta kelebihan dan kekurangan dari transportasi udara.
Loading...
Loading...