Pengertian Adaptasi Morfologi Dan Contohnya Pada Hewan

Loading...
Pengertian adaptasi morfologi dan contoh adaptasi morfologi pada hewan akan diuraikan secara lengkap pada materi pelajaran biologi sebagai berikut dibawah ini. Seluruh makhluk hidup yang ada di permukaan bumi memiliki ciri khas dan bentuk tubuh yang berbeda-beda yang sesuai dengan iklim dan lingkungan disekitarnya, sehingga dengan demikian adaptasi morfologi sangat erat kaitannya dengan bentuk dan ciri makhluk hidup.

Adaptasi morfologi merupakan sebuah penyesuaian bentuk tubuh suatu makhluk hidup terhadap lingkungan sekitarnya, untuk bisa bertahan hidup. Adapun point pokok pembahasan yang akan dijelaskan seputar adaptasi morfologi yakni seputar apa yang dimaksud dengan adaptasi morfologi, pengertian adaptasi morfologi, definisi adaptasi morfologi, arti adaptasi morfologi, makna adaptasi morfologi serta konsep adaptasi morfologi lengkap dengan contoh adaptasi morfologi pada makhluk hidup.

Pengertian adaptasi morfologi

Adaptasi morfologi adalah suatu penyesuaian yang ada pada suatu organ tubuh makhluk hidup yang ada di seluruh permukaan bumi, yang mana bagian tubuh yang menyesuaikan tersebut sesuai berdasarkan dengan kebutuhan organisme hidup dan fungsi terhadap makhluk hidup itu sendiri didalam bertahan hidup di lingkungannya.

Pengertian adaptasi morfologi dan contoh adaptasi morfologi pada hewan
Adaptasi Morfologi

Contoh adaptasi morfologi pada hewan

Contoh adaptasi morfologi pada hewan misalnya yang dapat mudah sekali untuk difahami didalam mempelajari ilmu adaptasi morfologi adalah seperti gigi singa, harimau, citah dan macan berbentuk runcing dan juga tajam, fungsinya yaitu untuk memudahkannya didalam bertahan hidup seperti makan daging.

Sedangkan pada gigi sapi, kambing, kerbau, biri-biri dan domba berbentuk tidak runcing dan juga tidak tajam, hal tersebut karena giginya lebih banyak digunakan didalam bertahan hidup seperti untuk memotong rumput-rumputan atau daun-daunan dan mengunyah makanan.

Adapun bentuk kaki dan atau cakar burung juga memiliki perbedaan-perbedaan yang telah disesuaikan berdasarkan dengan tempat hidup dan lingkungannya serta jenis makanan yang di makannya. Berdasarkan dengan lingkungan dan jenis makanan yang dimakannya, bentuk kaki burung dikelompokkan menjadi beberapa bagian yang diantaranya adalah seperti berikut.

1. Pejalan kaki
Ciri-cirinya memiliki tiga jari yang menghadap ke depan dan satu jari bagian belakang tidak tumbuh sempurna, contoh ayam dan burung unta.
2. Perenang
Ciri-cirinya memiliki jari kaki yang berselaput, contoh itik dan angsa.
3. Pencengkram
Ciri-cirinya memiliki jari kaki yang pendek, kuku yang melengkung tajam dan cakarnya kuat untuk mencengkram, contoh burung elang dan rajawali.
4. Pemanjat
Ciri-cirinya memiliki jari kaki yang terdiri empat jari, dua jari-jarinya berada didepan dan dua jari lainnya berada di belakang, contoh burung pelatuk.
5. Petengger
Ciri-cirinya memiliki jari kaki yang panjang dan telapak kakinya datar untuk bertengger di ranting-ranting pepohonan, contoh burung kutilang dan burung kenari.

Contoh lainnya adalah mulut serangga yang memiliki berbagai jenis tipe mulut yang berbeda antara satu dengan lainnya, hal tersebut karena untuk mendapatkan makanan maka serangga mempunyai cara-cara tersendiri yang sesuai dengan jenis makanannya dan hal itulah yang menjadi faktor bentuk penyesuaian dari mulut serangga masing-masing.

Adapun bedasarkan jenis makanan yang dimakan oleh serangga, tipe-tipe dan jenis mulut serangga kemudian dibedakan menjadi beberapa kelompok yang diantaranya adalah seperti berikut dibawah ini lengkap dengan contoh serangganya.

1. Tipe serangga mulut penghisap
Contoh serangga mulut penghisap adalah kupu-kupu yang menggunakan mulut penghisapnya untuk menyedot madu dari bunga.
2. Tipe serangga mulut pencucuk
Contoh serangga mulut pencucuk adalah seperti nyamuk.
3. Tipe serangga mulut penjilat
Contoh serangga mulut penjilat adalah seperti lebah.
4. Tipe serangga mulut penyerap
Contoh serangga mulut penyerap adalah seperti lalat.

Demikian pembahasan mengenai pengertian adaptasi morfologi dan contoh adaptasi morfologi pada hewan. Semoga uraian diatas mengenai adaptasi morfologi bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi yang edukatif didalam mengetahui apa itu yang dimaksud dengan adaptasi morfologi, pengertian, definisi, arti, makna serta konsep adaptasi morfologi lengkap dengan contoh adaptasi morfologi pada makhluk hidup.
Loading...
Loading...