#6 Tugas Utama Diutusnya Rasul Allah

Loading...
#6 tugas utama diutusnya rasul-rasul allah akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran pendidikan agama islam sebagai berikut ini. Adapun beriman kepada rasul-rasul allah adalah salah satu rukun iman yakni rukun iman yang ke 4. Didalam agama islam, rukun iman terdapat 6 yakni antara lain sebagai berikut :

1. Beriman kepada Allah SWT.
2. Beriman kepada Malaikat-malaikat.
3. Beriman kepada Kitab-kitab.
4. Beriman kepada Rasul-rasul.
5. Beriman kepada Hari Kiamat.
6. Beriman kepada Qada dan Qadar.

Beriman kepada rasul-rasul Allah berarti meyakini dan mempercayai bahwa rasul merupakan orang yang diutus oleh Allah untuk menyampaikan ajaran yang berupa wahyu kepada umatnya guna menjadi pedoman hidupnya serta kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Dibawah ini adalah #6 tugas utama yang harus dijalankan oleh rasul-rasul utusan Allah yakni dapat diuraikan antara lain sebagai berikut :
#6 Tugas Utama Diutusnya Rasul Allah
Baca juga : Pengertian Iman Kepada Rasul-Rasul Allah

#6 tugas utama diutusnya rasul-rasul Allah

1. Menegakkan kalimat tauhid
Hal ini seperti yang difirmankan Allah dalam Qur’an Surah Al-Anbiya’ ayat 25 yang artinya :
“Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum kamu, melainkan Kami wahyukan kepadanya” “Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku” (Q.S. Al-Anbiya’: 25).

2. Mengajak umat manusia untuk menyembah dan mengabdi kepada Allah
Hal ini seperti yang difirmankan Allah dalam Qur’an Surah An-Nahl ayat 36 yang artinya :
“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan)” “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu”, maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul)” (Q.S. An-Nahl: 36).

3. Membawa rahmat kepada alam
Hal ini seperti yang difirmankan Allah dalam Qur’an Surah Al-Anbiya’ ayat 107 yang artinya :
“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”(Q.S. Al-Anbiya’: 107).

4. Memberikan peringatan kepada umat manusia
Hal ini seperti yang difirmankan Allah dalam Qur’an Surah Al-An’am ayat 48 yang artinya :
“Dan tidaklah Kami mengutus para rasul itu melainkan untuk memberi kabar gembira dan memberi peringatan. Barang siapa yang beriman dan mengadakan perbaikan, maka tak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati” (Al-An’am: 48).

5. Mengajak umat manusia pada kebenaran di jalan Allah
Hal ini seperti yang difirmankan Allah dalam Qur’an Surah Al-Fatir ayat 24 yang artinya :
“Sesungguhnya Kami mengutus kamu dengan membawa kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. Dan tidak ada suatu umat pun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan” (Q.S. Fatir: 24).

6. Memberikan contoh yang baik untuk menyempurnakan akhlak mulia.
Demikian pembahasan mengenai #6 tugas utama diutusnya rasul-rasul Allah, semoga apa yang telah dijelaskan diatas bermanfaat untuk kita semua dan bisa menjadi rujukan atau referensi bagi para pembaca yang sedang mencari tugas utama rasul Allah.
Loading...
Loading...