Cara Dan Prinsip Memanfaatkan SDA (Sumber Daya Alam) Dengan Bijak

Loading...
Cara dan prinsip memanfaatkan sumber daya alam (SDA) dengan arif atau bijak akan dibahas lengkap pada materi pelajaran Geografi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang pemanfaatan sumber daya alam dengan arif yang akan di bahas didalam materi pendidikan geografi adalah antara lain :

1. Pengertian pemanfaatan sumber daya alam secara arif.
2. Pengertian pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.
3. Cara pemanfaatan sumber daya alam secara arif.
4. #3 prinsip pemanfaatan sumber daya alam.

Pengertian pemanfaatan sumber daya alam secara arif

Pemanfaatan sumber daya alam secara arif adalah suatu konsep pemanfaatan sumber daya alam yang sifatnya secara berkelanjutan (kontinue). Sedangkan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan adalah sebuah upaya untuk memenuhi kebutuhan sumber daya alam pada masa kini dengan tanpa membahayakan resiko kemampuan pada generasi yang akan datang guna memenuhi kebutuhan SDA.
Cara dan prinsip memanfaatkan sumber daya alam (SDA) dengan arif atau bijak
Prinsip pemanfaatan sumber daya alam secara arif adalah guna meningkatkan tingkat kesejahteraan yang dibarengi dengan penggunaan sumber daya alam dengan bijak, supaya sumber daya alam terbarukan bisa dilindungi serta penggunaan sumber daya alam yang dapat habis atau yang tidak dapat terbarukan pada kebutuhan generasi yang akan mendatang tetap tersedia dan terpenuhi.

Cara pemanfaatan sumber daya alam secara arif

Didalam pemanfaatan SDA dengan bijak, terdapat penyesuaian jenis-jenis sumber daya alam yang akan dimanfaatkan seperti sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, berikut penjelasannya :

1. Sumber daya alam dapat diperbaharui
Jika sumber daya alam yang akan dimanfaatkan tersebut dapat diperbaharui, maka langkah yang paling tepat dan arif adalah dengan cara menjaga lingkungan hidup sumber daya alam tersebut supaya tetap tumbuh dan lestari. Contohnya adalah seperti pada pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam hasil pertanian, maka yang harus dilakukan adalah menjaga dan menjamin kesuburan tanah, ketersediaan air, pemupukan dan lain sebagainya.
Baca ini : Pengertian, Jenis Dan Tingkat Kesuburan Tanah
2. Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui
Apabila sumber daya alam yang akan dimanfaatkan tersebut tidak dapat diperbaharui, maka langkah yang paling tepat dan arif adalah dengan cara penghematan dan memikirkan bagaimana supaya pemanfaatan sumber daya alam tersebut tidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan alam sekitar.

#3 prinsip pemanfaatan sumber daya alam

Untuk dapat menjaga kelestarian sumber daya, didalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam, dapat menggunakan 3 prinsip yaitu prinsip mengurangi, prinsip mendaur ulang dan prinsip memakai ulang, berikut penjelasannya :

1. Prinsip mengurangi
Prinsip mengurangi adalah prinsip yang biasanya digunakan untuk jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui karena jumlahnya terbatas maka penggunaannya harus dikurangi agar tidak cepat habis. Contohnya adalah seperti penggunaan bahan bakar minyak, batubara dan lain sebagainya yang berasal dari dalam bumi.
Baca ini : Pengertian Batubara, Jenis Dan Teori Terbentuknya
2. Prinsip mendaur ulang
Prinsip daur ulang adalah sebuah proses pengolahan kembali suatu bahan-bahan bekas dalam bentuk sampah yang kering yang tidak memiliki nilai ekonomi menjadi barang yang dapat berguna bagi kehidupan manusia.

3. Prinsip memakai ulang
Prinsip memakai ulang adalah prinsip yang menyangkut penggunaan suatu bahan atau alat yang berkali-kali dalam bentuk yang sama. Adapun jenis prinsip memakai ulang ini tidak bisa diterapkan pada jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Demikian pembahasan mengenai cara dan prinsip memanfaatkan sumber daya alam (SDA) dengan arif atau bijak.
Loading...
Loading...