Pengertian Dan Penggolongan SDA (Sumber Daya Alam)

Loading...
Pengertian sumber daya alam dan penggolongan sumber daya alam akan dibahas lengkap pada materi pelajaran Geografi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang Definisi Sumber Daya Alam, Persebaran Sumber Daya Alam dan Penggolongannya Di Indonesia yang akan di bahas didalam materi pendidikan geografi adalah antara lain :

1. Pengertian sumber daya alam.
2. Penggolongan sumber daya alam.

Pengertian sumber daya alam

Sumber daya alam adalah semua kekayaan alam baik benda mati maupun benda hidup yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa definisi dan arti sumber daya alam adalah semua kekayaan alam yang berupa benda mati maupun makhluk hidup yang terdapat di bumi, yang berguna bagi manusia baik secara langsung maupun secara tidak langsung.
Pengertian sumber daya alam dan penggolongan sumber daya alam
Manusia adalah sumber daya bagi suatu negara karena manusia dapat memberikan manfaat bagi negaranya, yang diantaranya seperti :
1. Tenaga kerja.
2. Mengembangkan ilmu dan teknologi.
3. Pelaku ekonomi dan sebagainya.
Oleh karena itu, sumber daya manusia peranannya sangat penting untuk mengelola sumber daya alam yang telah tersedia dan diberikan oleh alam.

Indonesia adalah negara kepulauan. Dari pulau-pulau yang ada di Indonesia tersebut mengandung potensi sumber daya alam yang beraneka ragam. Baik di wilayah perairan maupun wilayah daratan banyak tersimpan kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

1. Indonesia yang wilayahnya terletak di daerah tropis dengan curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan keanekaragaman jenis tumbuhan dapat tumbuh dengan subur. Oleh karena itu, indonesia kaya berbagai jenis tumbuhan.

2. Indonesia terletak pada pertemuan jalur pergerakan lempeng tektonik dengan pegunungan muda. Letak geologis ini menyebabkan di Indonesia banyak dijumpai rangkaian pegunungan api yang aktif sehingga memungkinkan terbentuknya berbagai macam sumber daya mineral yang potensial untuk dimanfaatkan.

3. Wilayah lautan Indonesia kaya akan berbagai macam sumber daya nabati, hewani dan mineral. Contohnya adalah seperti ikan laut, rumput laut, mutiara serta tambang minyak bumi.

Penggolongan sumber daya alam

Didalam sumber daya alam, dikelompokan menjadi empat bagian. Adapun #4 penggolongan sumber daya alam dapat dijelaskan dan diuraikan lengkap pada pembahasan berikut ini :

1. Berdasarkan sifatnya
Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dibagi menjadi 2 yaitu sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya alam yang terbatas, berikut penjelasannya :

a. Sumber daya alam melimpah (inexhaustible)
Sumber daya alam melimpah adalah sumber daya yang tidak akan habis walaupun digunakan secara terus-menerus, atau setidaknya dalam jangka waktu yang lama tidak akan habis dipakai. Contoh sumber daya alam melimpah adalah antara lain seperti sinar matahari, udara, angin dan air laut.

b. Sumber daya alam yang terbatas (exhaustible)
Sumber daya alam yang terbatas adalah sumber daya yang akan habis apabila digunakan secara terus-menerus dan jumlahnya terbatas. Contoh sumber daya alam yang terbatas adalah antara lain seperti minyak bumi, batubara, bahan galian mineral dan lainnya.

2. Berdasarkan proses terbentuknya
Berdasarkan proses terbentuknya, sumber daya alam dibedakan atas 2 golongan yaitu sumber daya fisik abiotik dan sumber daya biotik. Berikut penjelasan lengkapnya :

a. Sumber daya alam fisik-abiotik
Sumber daya alam fisik-abiotik adalah sumber daya alam yang terbentuk oleh proses alamiah dan membutuhkan jangka waktu yang lama. Contoh sumber daya alam fisik-abiotik adalah seperti mineral tambang, bahan galian, udara, tanah dan lain-lain.

Sumber daya fisik-abiotik yang berupa tambang yaitu batubara, pembentuk batubara berasal dari sisa-sisa tumbuhan yang sudah memfosil dan mengendap selama berjuta-juta tahun. Setelah “matang” menjadi batubara, lalu manusia menemukan dan menggalinya. Batubara bermanfaat untuk bahan bakar pabrik dan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

b. Sumber daya biotik
Sumber daya biotik adalah sumber daya yang dapat tumbuh dan berkembang biak. Contoh sumber daya biotik adalah seperti flora dan fauna dalam wujud pertanian, perkebunan, hutan produksi dan peternakan.
Baca juga : Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
3. Berdasarkan bagian atau bentuk yang dapat dimanfaatkan
Berdasarkan bagian atau bentuk yang dapat dimanfaatkan, sumber daya alam diklasifikasikan menjadi 5 macam yaitu dapat dijelaskan dengan lengkap antara lain sebagai berikut :

a. Sumber daya alam materi
Sumber daya alam materi adalah sumber daya alam yang apabila dimanfaatkan adalah materi dari sumber daya alam tersebut. Contoh sumber daya alam materi adalah seperti mineral magnetit, hematit, limonit dan pasir.

b. Sumber daya alam hayati
Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang terdiri dari makhluk hidup, hewan (sumber daya hewani) dan tumbuhan (sumber daya alam nabati).
Baca juga : Pengertian, Nilai Keanekaragaman Hayati Dan Contohnya
c. Sumber daya alam energi
Sumber daya alam energi adalah sumber daya alam yang apabila barang yang dimanfaatkan manusia ialah energi yang terkandung dalam sumber daya alam tersebut. Contoh sumber daya alam energi adalah seperti bahan bakar minyak (bensin, solar, minyak tanah dan lain-lain), gas alam, batubara dan kayu bakar.

d. Sumber daya alam ruang
Sumber daya alam ruang adalah ruang atau tempat yang diperlukan manusia dalam hidupnya. Semakin besar kenaikan jumlah penduduk, maka sumber daya alam ruang semakin sulit didapatkan. Ruang yang dimaksud adalah ruang untuk mata pencaharian (pertanian, perikanan), tempat tinggal dan lain sebagainya. Contoh sumber daya alam ruang adalah seperti di kota-kota besar sumber daya alam ruang semakin sulit didapat.
e. Sumber daya alam waktu
Sumber daya alam waktu adalah sumber daya alam yang berfungsi sebagai waktu dari sumber daya tersebut, waktu tidak berdiri sendiri melainkan terikat dengan pemanfaatan sumber daya alam lainnya. Contoh sumber daya alam waktu adalah seperti air sulit didapat pada musim kemarau, akibatnya mengganggu tanaman pertanian.
4. Berdasarkan pembentukannya
Berdasarkan pembentukannya, sumber daya alam dibedakan menjadi 2 macam yaitu dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui, berikut penjelasan lengkapnya :

a. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources)
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak akan habis bila terus-menerus digunakan karena masih bisa diusahakan agar tetap ada atau tersedia. Dengan demikian, sumber daya alam dapat diperbaharui dengan dua cara yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Pembaharuan dengan reproduksi
Pembaharuan ini terjadi pada sumber daya alam hayati, karena hewan dan tumbuhan dapat berkembang biak sehingga jumlahnya selalu bertambah.
2. Pembaharuan dengan adanya siklus
Pembaharuan ini misalnya seperti air dan udara terjadi dalam proses yang melingkar membentuk siklus. Dengan demikian, hal tersebut selalu terjadi pembaharuan. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui pada dasarnya, terdiri atas sumber-sumber antara lain sebagai berikut :

Sumber daya alam fisik (nonhayati)
Sumber daya alam fisik adalah sumber daya alam yang berupa benda mati, misalnya seperti tanah, air, angin, udara dan sinar matahari.
Sumber daya alam nonfisik (hayati)
Sumber daya alam nonfisik meliputi sumber daya nabati dan hewani.

b. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources)
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang akan habis terpakai karena tidak dapat dibuat baru. Sumber daya alam ini terdapat dalam jumlah yang relatif statis karena tidak ada penambahan atau pembentukannya sangat lambat apabila dibandingkan dengan manusia. Pembentukannya kembali bisa memerlukan waktu hingga ratusan bahkan jutaan tahun.

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah seperti bahan mineral, batubara, gas alam dan sumber daya alam fosil lainnya. Adapun berdasarkan daya pakai dan nilai konsumtifnya, maka sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini kemudian dibedakan menjadi dua macam yaitu antara lain dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Sumber daya alam yang tidak cepat habis
Sumber daya alam ini dapat digunakan secara berulang-ulang sehingga tidak cepat habis dan juga nilai konsumtif terhadap barang dengan sumber daya ini relatif kecil. Contoh sumber daya alam yang tidak cepat habis adalah seperti intan, batu permata dan logam mulia (emas).

2. Sumber daya alam yang cepat habis
Sumber daya alam ini cepat habis dan juga nilai konsumtif terhadap barang dengan jenis sumber daya ini relatif tinggi. Manusia menggunakannya dalam jumlah yang terbilang banyak, sehingga daur ulangnya pun sukar dilakukan serta sumber daya ini kebanyakan didapat dari bahan galian. Contoh sumber daya alam cepat habis adalah seperti bensin, gas alam dan bahan bakar lainnya.

Demikian pembahasan mengenai pengertian sumber daya alam dan penggolongan sumber daya alam.
Loading...
Loading...