Jenis-Jenis Persediaan (Inventory) Menurut Ahli

Loading...
Jenis-jenis persediaan (inventory) menurut ahli akan dibahas lengkap dengan daftar pustakanya pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan tentang teori konsep para ahli atau pakar mengenai jenis persediaan yakni sebagai berikut :

1. Definisi persediaan.
2. Macam-macam persediaan.

Pengertian persediaan

Persediaan (inventory) merupakan stock barang atau bahan yang disimpan untuk digunakan atau dijual dimasa yang akan datang guna mempermudah jalannya proses produksi dan atau memuaskan permintaan dari pelanggan.
Untuk mengetahui definisi persediaan menurut para ahli atau pakar dibidangnya masing-masing dapat menuju pada link halaman dibawah. Pada halaman tersebut sudah diuraikan teori konsep persedian lengkap dengan daftar pustakanya, sehingga memudahkan kalian untuk mencari buku dari referensi tersebut. Uraian tersebut ada pada link halaman berikut.
Baca ini : Teori Persediaan (Inventory) Menurut Para Ahli

Macam-macam persediaan (inventory)

Pada setiap jenis persediaan, memiliki karakteristik tersendiri serta cara pengelolaan yang berbeda-beda. Dibawah ini akan diuraikan jenis-jenis persediaan berdasarkan teori dan konsep menurut Handoko (1999: 334) yang mengelompokkan berdasarkan bentuk fisiknya dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Persediaan bahan mentah (raw materials)

Persediaan bahan mentah adalah persediaan yang berupa barang berwujud, antara lain seperti besi, kayu serta komponen-komponen lain yang digunakan didalam proses produksi.

2. Persediaan komponen-komponen rakitan (purchased parts / componen)

Persediaan komponen-komponen rakitan adalah persediaan barang-barang yang terdiri dari komponen-komponen yang diperoleh dari perusahaan lain secara langsung dapat dirakit menjadi suatu produk.

3. Persediaan bahan pembantu atau penolong (supplies)

Persediaan bahan pembantu atau penolong adalah persediaan barang-barang yang diperlukan dalam proses produksi, akan tetapi bukan termasuk bagian atau komponen barang jadi.

4. Persediaan dalam proses (work in process)

Persediaan dalam proses adalah persediaan barang-barang keluaran dari tiap-tiap bagian dalam proses produksi atau telah diolah menjadi suatu bentuk, tetapi masih perlu diproses lebih lanjut menjadi barang jadi.

5. Persediaan barang jadi (finished goods)

Persediaan barang jadi adalah persediaan barang-barang yang telah selesai diproses atau diolah dalam pabrik dan siap dijual atau dikirim kepada pelanggan (customer).

Demikian pembahasan mengenai teori persediaan (inventory) menurut para ahli, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian didalam mengetahui macam-macam persediaan berdasarkan pandangan para ahli dan pakar.

Daftar pustaka

Handoko, T. Hani. 1999. Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 7. BPFE: Yogyakarta.
Loading...
Loading...