#10 Keputusan Strategis Dalam Manajemen Operasional Menurut Ahli

Loading...
10 keputusan strategis dalam manajemen operasional menurut ahli akan dibahas lengkap dengan daftar pustakanya pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun bidang ilmu manajemen operasional ini adalah mencakup banyak hal didalamnya pada berbagai aspek.

Sehingga pada point pokok pembahasan tentang teori keputusan strategis yang erat kaitannya dengan manajemen operasional ini adalah antara lain seperti perancangan produk dan jasa, pengelolaan kualitas, perancangan proses dan kapasitas.

Tidak hanya itu, ada pula strategi lokasi, strategi tata letak, sumber daya manusia dan rancangan pekerjaan, manajemen rantai pasokan, persediaan, perencanaan, kebutuhan bahan baku dan JIT, penjadwalan jangka menengah dan jangka pendek serta perawatan.
10 keputusan strategis dalam manajemen operasional menurut ahli atau pakar
Pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan pengertian manajemen produksi dan operasional menurut para ahli, sudah tahu apa itu manajemen operasional dan produksi ?, jika belum silahkan menuju halaman berikut :
Baca ini : Pengertian Manajemen Produksi Dan Operasional Menurut Para Ahli

Keputusan strategis manajemen operasional

Berdasarkan buku dari Heizer dan Render (2011: 9) yang didalamnya menyebutkan terdapat sepuluh keputusan strategis yang berkaitan dengan manajemen operasional. Adapun 10 hal-hal tersebut yang telah dirangkum adalah dapat dijelaskan antara lain sebagai berikut :

1. Perancangan produk dan jasa
Perancangan barang dan jasa menetapkan sebagian besar proses transformasi yang akan dilakukan. Keputusan biaya, kualitas dan sumberdaya manusia bergantung pada keputusan perancangan.

2. Pengelolaan kualitas
Ekspektasi pelanggan terhadap kualitas harus ditetapkan, peraturan dan prosedur dibakukan untuk mengidentifikasi serta mencapai standar kualitas tersebut.

3. Perancangan proses dan kapasitas
Keputusan proses yang diambil membuat manajemen mengambil komitmen dalam hal teknologi, kualitas, penggunaan sumber daya manusia dan pemeliharaan yang spesifik. Komitmen pengeluaran dan modal ini akan menentukan struktur biaya dasar suatu perusahaan.

4. Strategi lokasi
Keputusan lokasi organisasi manufaktur dan jasa menentukan kesuksesan perusahaan.

5. Strategi tata letak
Aliran bahan baku, kapasitas yang dibutuhkan, tingkat karyawan, keputusan teknologi dan kebutuhan persediaan mempengaruhi tata letak.

6. Sumber daya manusia dan rancangan pekerjaan
Manusia merupakan bagian yang integral dan mahal dari keseluruhan rancang sistem. Karenanya, kualitas lingkungan kerja diberikan, bakat dan keahlian yang dibutuhan, dan upah yang harus ditentukan dengan jelas.

7. Manajemen rantai pasokan (supply chain management)
Keputusan ini menjelaskan apa yang harus dibuat dan apa yang harus dibeli.

8. Persediaan, perencanaan, kebutuhan bahan baku, dan JIT (just in time)
Keputusan persediaan dapat dioptimalkan hanya jika kepuasan pelanggan, pemasok, perencanaan produksi dan sumberdaya manusia dipertimbangkan.

9. Penjadwalan jangka menengah dan jangka pendek
Jadwal produksi yang dapat dikerjakan dan efisien harus dikembangkan.

10. Perawatan (maintenance)
Keputusan harus dibuat pada tingkat kehandalan dan stabilitas yang diinginkan.

Demikian pembahasan mengenai 10 keputusan strategis dalam manajemen operasional menurut ahli, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian didalam mengetahui keputusan strategis yang berkaitan dengan manajemen operasional.

Daftar pustaka

Heizer, Jay dan Barry Render. 2011. Operations Management, Buku 1 edisi ke sembilan. Salemba empat: Jakarta.
Loading...
Loading...