Loading...

#5 Teknik Menghitung Pengendalian Persediaan Menurut Ahli/Pakar

Loading...
#5 Teknik menghitung pengendalian persediaan menurut ahli atau pakar akan dibahas lengkap dengan daftar pustakanya pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan tentang teori konsep para ahli atau pakar mengenai metode menghitung pengendalian persediaan (Inventory Controll) yakni sebagai berikut :

1. Teknik menghitung pengendalian persediaan menurut Rangkuti.

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas tentang definisi pengendalian persediaan menurut beberapa para ahli yang dilengkapi daftar pustakanya. Temukan pengertian mengenai pengendalian persediaan tersebut pada link halaman berikut.

Teknik Menghitung Pengendalian Persediaan Menurut Ahli/Pakar
Teknik Menghitung Pengendalian Persediaan

Metode menghitung pengendalian persediaan

Dibawah ini akan dijelaskan 5 teknik atau metode yang biasa digunakan perusahaan untuk menghitung pengendalian persediaan menurut Rangkuti (2004 : 19) yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Metode analisis ABC

Metode ini sangat berguna dalam memfokuskan perhatian manajemen terhadap penentuan jenis barang yang paling penting dalam sistem inventori yang bersifat multisistem.

2. Metode pengendalian atau pengawasan persediaan (EOQ)

Pengendalian persediaan merupakan salah satu fungsi manajemen yang dapat dipecahkan dengan menerapkan metode kuantitatif. Konsep ini dapat diterapkan baik untuk industri skala kecil maupun industri skala besar.

3. Pengendalian persediaan dalam kondisi tidak tentu dan ada pemesanan kembali

Model ini dapat sesuai apabila permintaan diketahui berasal dari sejumlah besar sumber yang independen. Secara spesifik, hal ini sering terjadi dalam persediaan berupa barang-barang yang telah jadi (finished goods), tetapi jarang ditemukan pada bahan mentah atau bahan setengah jadi yang memerlukan proses pengolahan lebih lanjut.

4. Pengendalian persediaan dalam kondisi tidak tentu dan tidak ada pemesanan kembali

Bagian ini akan membahas pemecahan masalah persedian yang kondisinya tidak memungkinkan untuk pemesanan kembali. Produk tersebut secara ekonomi tidak dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama.

5. Sistem persediaan just in time

Sistem Just In Time mengacu kepada kartu yang mengizinkan satu departemen dari satu organisasi untuk menghasilkan jumlah minimum dari suatu jenis barang dalam menjawab reaksi dari persyaratan departemen lain. Idenya adalah dengan menggunakan relatif sangat kecil order (atau produksi), dengan relatif Low Order Points, sehingga pemenuhan persediaan dapat datang just in time.


Demikian pembahasan mengenai #5 teknik menghitung pengendalian persediaan menurut ahli atau pakar, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian didalam mengetahui metode menghitung pengendalian persediaan (inventory controll) yang berkaitan dengan manajemen operasional.

Daftar pustaka

Rangkuti, F. 2004. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis, Penerbit Erlangga. Jakarta.
Loading...
Loading...