Pengertian Keramik, Klasifikasi, Bahan Dan Sifat Keramik Nusantara

Loading...
Pengertian keramik, klasifikasi, bahan dan sifat keramik nusantara akan diuraikan dibawah ini secara ringkas dan jelas dalam materi pelajaran seni budaya dan keterampilan. Keramik merupakan salah satu unsur penting yang turut menentukan keindahan dan kenyamanan ruangan.

Namun seiring berkembangnya teknologi, pemakaian keramik tidak hanya digunakan untuk bahan bangunan dan alat rumah tangga, melainkan meningkat pada keramik untuk digunakan dalam industri teknik, misalnya isolator listrik, transitor, ceramic metal, kapasitor, busi kendaraan dan lain sebagainya.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar keramik nusantara yakni apa itu keramik, klasifikasi, bahan dan sifat keramik nusantara yang tentu saja akan dibahas dalam materi pelajaran seni budaya dan keterampilan, yang dalam pembagian tiga point utama sebagai berikut diantaranya :

1. Pengertian keramik.
2. Klasifikasi keramik.
3. Bahan keramik.
4. Sifat keramik.

Pengertian Keramik, Klasifikasi, Bahan Dan Sifat Keramik Nusantara

Definisi keramik

Makna keramik adalah suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar, seperti gerabah, genteng, porselin dan lain sebagainya. Namun tidak semua keramik terbuat dari tanah liat.

Adapun bahan keramik yakni SiO2, AI2O3, CaO, MgO, K2O, Na2O. Dapat dilihat dari unsur-unsur tersebut terdapat dua paduan antara logam dan non logam. Sehingga keramik juga dapat diartikan sebagai bahan padat anorganik yang merupakan paduan dari unsur logam dan juga non logam.

Klasifikasi keramik

Perlu diketahui bahwa keramik pada prinsipnya terbagi atas keramik tradisional dan keramik halus, adapun penjelasan dari masing-masing pembagian keramik tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :

a. Keramik tradisional
Keramik tradisional adalah keramik yang dibuat dengan menggunakan bahan alam, seperti kuarsa, kaolin dan lain-lain. Adapun contoh dari keramik tradisional yakni barang pecah belah (dinnerware), keperluan rumah tangga (tile, bricks) dan industri (refractory).

b. Keramik halus
Keramik halus atau dalam bahasa inggris fine ceramics adalah keramik yang dibuat dengan menggunakan oksida-oksida logam, seperti AI2O3, ZrO2, MgO dan lain-lain. Penggunaan elemen tersebut digunakan untuk pemanas, semikonduktor, komponen turbin dan juga sangat berguna dalam bidang medis.

Bahan pembuat keramik

Dalam membuat keramik terdapat bahan bahan tertentu yang dipergunakan oleh pembuat keramik tersebut dengan 3 macam bahan (triaxial), yakni tanah liat, pasir dan feldspar yang akan dijelaskan berikut dibawah ini :

Tanah liat (clay)
Didalam tanah liat terdapat empat kandungan utama yakni kaolinite, halloysite, montmorillinote dan illite. Dengan adanya perbedaan kandungan tanah liat maka akan menghasilkan sifat yang berbeda-beda pula. Sifat yang penting dalam tanah liat adalah plastisitas yang artinya kemampuan untuk dibentuk tanpa mudah retak, kemampuan untuk dilebur (fusibilitas), bahan baku pasir (kwarsa) dan sebagai bahan non plastik (fungsi).

Pasir
Bahan baku pasir berfungsi sebagai bahan pengisi, namun jika penambahan terlalu banyak silikat dalam pasir maka akan menyebabkan keretakan pada saat pembakaran berlangsung.

Feldspar
Bahan baku feldspar berfungsi sebagai bahan pengikat dalam pembuat keramik serta menurunkan temperatur pembakaran. Ada beberapa jenis bahan feldspar yang diantaranya adalah K-feldspar, Na-feldspar dan Ca-feldspar.

Sifat keramik

Sifat yang umum dan mudah sekali dilihat secara fisik pada kebanyakan jenis keramik adalah rapuh. Hal seperti ini dapat kita temukan pada keramik jenis tradisional seperti barang pecah belah, gerabah, gelas, kendi dan lain sebagainya. Sifat rapuh ini tidak berlaku pada jenis keramik tertentu, terutama jenis keramik hasil sintering dan campuran sintering antara keramik dengan logam. Sifat lain keramik yang sangat menarik adalah adanya ketahanan terhadap suhu tinggi.

Demikian pembahasan mengenai pengertian keramik nusantara, klasifikasi, bahan dan sifat keramik nusantara, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu keramik, pengertian keramik, makna keramik, definisi keramik, arti keramik, klasifikasi, bahan serta sifat keramik nusantara.
Loading...
Loading...