Sendi (Pengertian, Komponen, Macam-Macam Dan Contoh Sendi)

Loading...
Pengertian sendi, komponen, macam-macam dan contoh sendi akan diuraikan secara lengkap pada materi pelajaran biologi sebagai berikut ini. Pada kerangka tubuh manusia terdapat kurang lebih 200 tulang yang saling berhubungan dan hubungan antara tulang itulah yang dimaksud dengan sendi.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijelaskan seputar sendi didalam tubuh makhluk hidup yakni seputar apa saja itu pengertian, arti dan makna sendi, komponen penunjang sendi, macam-macam serta jenis-jenis persendian dan contoh sendi yang akan di jelaskan di dalam materi biologi berikut ini.

Definisi sendi

Sendi adalah suatu perhubungan antar tulang sehingga tulang dapat digerakkan. Adapun hubungan antara dua tulang disebut juga dengan persendian (artikulasi). Sendi ada pada manusia dan juga hewan.

Sendi (Pengertian, Komponen, Macam-Macam Dan Contoh Sendi)

Komponen penunjang sendi

Dibawah ini merupakan beberapa komponen-komponen penunjang sendi didalam tubuh makhluk hidup yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kapsula sendi
Kapsula sendi adalah suatu lapisan yang berserabut melapisi sendi. Pada bagian dalam kapsula sendi terdapat rongga.
2. Ligamen (Ligamentum)
Ligamen adalah jaringan yang berbentuk pita yang tersusun dari serabut-serabut liar yang mengikat tulang satu denganm tulang yang lainnya.
3. Tulang rawan hialin (kartigo hialin)
Tulang rawan hialin adalah jaringan pada tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang. Adapun fungsi dari tulang rawan hialin yakni untuk menjaga dari benturan.
4. Cairan sinovial
Cairan sinovial adalah cairan pelumas yang berada di kapsula sendi.

Macam-macam persendian

Terdapat beberapa macam tipe persendian di dalam tubuh makhluk hidup diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sinartrosis
Sinartrosis adalah persendian yang tidak memperbolehkan pergerakan. Sinartrosis terbagi menjadi dua yakni sinartrosis sinfibrosis dan sinartrosis sinkondrosis.
2. Diartrosis
Diartrosis adalah persendian yang memungkinkan terjadinya suatu gerakan.
3. Amfiartrosis
Amfiartrosis adalah persendian yang dihubungkan oleh jaringan tulang rawan sehingga memungkinkan terjadinya sedikit gerakan.

Contoh sendi

Dibawah ini adalah beberapa contoh-contoh sendi yang ada didalam tubuh makhluk hidup yakni diantaranya sebagai berikut :

1. Sendi peluru
Sendi peluru adalah sendi yang memungkinkan adaya gerakan ke segala arah. Misalnya hubungan antara tulang lengan atas dengan tulang belikat.
2. Sendi pelana
Sendi pelana adalah sendi yang memungkinkan beberapa gerakan berputar, hanya saja tidak ke segala arah. Misalnya hubungan antara telapak tangan dan jari tangan.
3. Sendi putar
Sendi putar adalah sendi yang memungkinkan adanya gerakan berputar (rotasi). Misalnya hubungan antara tulang tengkorak dengan tulang belakang.
4. Sendi luncur
Sendi luncur adalah sendi yang memiliki kemungkinan besar hanya pada satu bidang datar saja. Misalnya hubungan tulang pergelangan kaki.
5. Sendi engsel
Sendi engsel adalah sendi yang memungkinkan gerakan dengan arah satu saja. Misalnya sendi siku antara tulang lengan atas dan tulang hasta.

Demikian pembahasan mengenai pengertian sendi, komponen, macam-macam dan contoh sendi. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu sendi, pengertian sendi, makna sendi, definisi sendi, arti sendi, komponen sendi, macam-macam serta jenis-jenis sendi dan contoh sendi.
Loading...
Loading...