Teknik Dan Tahap Proses Pembuatan Keramik Nusantara

Loading...
Teknik dan tahap proses pembuatan keramik nusantara akan diuraikan dibawah ini secara ringkas dan jelas dalam materi seni budaya dan keterampilan. Teknik dan tahap-tahap pembuatan keramik merupakan salah satu unsur penting dalam membuat keramik dan juga tergolong jenis-jenis kerajinan tangan, sehingga menghasilkan keramik yang sangat baik dan bernilai tinggi.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar keramik nusantara yakni teknik-teknik pembuatan keramik, alat pembuat keramik dan tahap-tahap pembuatan keramik yang tentu saja akan dibahas dalam materi pelajaran seni budaya dan keterampilan, berikut pembahasannya.

Teknik-teknik pembuatan keramik

Dalam pembuatan keramik, ada beberapa teknik-teknik dalam pembuatannya yang diantaranya adalah sebagai berikut yang akan dijelaskan dibawah ini :

Teknik Dan Tahap Proses Pembuatan Keramik Nusantara

1. Teknik coiling (lilit pilin)

Salah satu teknik pembuatan keramik adalah dengan teknik pilin atau coiling. Pengertian teknik pilin adalah cara membentuk tanah liat dengan bentuk bahan dasar tanah liat yang dipilin atau dibentuk seperti tali.

2. Teknik tatap batu (pijat jari)

Kedua yakni teknik pijat jari atau pinching adalah teknik membuat keramik nusantara dengan cara memijat tanah liat langsung menggunakan tangan.

3. Teknik slab (lempengan)

Teknik slab adalah teknik pembuatan keramik tradisional yang bebas untuk membuat bentuk-bentuk yang diinginkan dan bentuknya tidak selalu simetris.

4. Teknik puter

Teknik puter adalah suatu teknik pembuatan keramik dengan menggunakan alat putar yang dapat menghasilkan banyak bentuk yang simetris (bulat serta silindris) dan bervariasi.

5. Teknik cetak

Teknik cetak adalah teknik pembentukan dengan mencetak yang dapat memproduksi barang dengan jumlah yang banyak dalam waktu relatif singkat dengan bentuk dan ukuran yang sama pula.

6. Teknik cor atau tuang

Teknik cor atau tuang digunakan untuk membuat kerajinan gerabah dengan menggunakan acuan alat cetak.

Tahap-tahap proses pembuatan keramik

Terdapat beberapa tahapan proses atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat suatu produk keramik yakni diantaranya sebagai berikut dibawah ini :

1. Pengolahan bahan

Tujuan pengolahan bahan ini adalah untuk mengolah bahan baku dari berbagai material yang belum siap pakai menjadi bahan keramik plastik yang telah siap pakai. Pengolahan bahan dapat dilakukan dengan metode basah maupun kering, dengan cara manual ataupun masinal.

- Pengurangan ukuran butir.
- Penyaringan.
- Pencampuran dan pengadukan.
- Pengurangan kadar air.
- Pengulian.

2. Pembentukan

Tahap pembentukan adalah tahap dimana adanya proses mengubah bongkahan badan tanah liat plastis menjadi benda-benda yang di kehendaki. Ada tiga ke-teknikan utama dalam membentuk benda keramik yakni diantaranya :

- Pembentukan tangan langsung (handbuilding).
- Teknik putar (throwing).
- Teknik cetak (casting).

3. Pengeringan

Setelah benda keramik selesai dibentuk, maka tahap selanjutnya adalah pengeringan. Tujuan utama dari tahap ini adalah untuk menghilangkan air plastis yang terikat pada badan keramik.

4. Pembakaran

Pembakaran adalah inti dari pembuatan keramik, dimana proses ini mengubah massa yang rapuh menjadi massa yang padat, keras dan juga kuat. Pembakaran ini dilakukan dalam sebuah tungku atau furnace suhu tinggi.

5. Pengglasiran

Pengglasiran adalah tahap yang dilakukan sebelum dilakukannya pembakaran glasir. Benda keramik biskuit dilapisi glasir dengan cara dicelup, dituang, disemprot atau dikuas. Fungsi glasir pada produk keramik adalah untuk menambah keindahan, supaya lebih kedap air dan menambahkan efek-efek tertentu sesuai keinginan.

6. Pendekorasian

Pendekorasian bertujuan untuk memperindah keramik yang telah dibuat, ada beberapa teknik dekorasi keramik yang diantaranya adalah sebagai berikut.

- Dekorasi ukir.
- Dekorasi toreh.
- Dekorasi melubangi.
- Dekorasi cap atau stempelan.
- Dekorasi tempel.
- Dekorasi lukis.
- Dekorasi sablon.
- Dekorasi stiker.


Demikian pembahasan mengenai teknik dan tahap proses pembuatan keramik nusantara, semoga uraian diatas bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa saja teknik-teknik pembuatan keramik dan tahap-tahap serta langkah-langkah dalam pembuatan keramik nusantara.
Loading...
Loading...