Pengertian Kepadatan Penduduk Dan Komposisi Penduduk Serta Jenis-Jenisnya

Loading...
Pengertian kepadatan penduduk dan komposisi penduduk serta jenis-jenisnya akan diuraikan secara lengkap pada materi pelajaran ilmu Geografi sebagai berikut ini. Perlu diketahui bahwa kepadatan dan komposisi penduduk apabila tidak seimbang, maka akan menimbulkan berbagai macam masalah dalam kehidupan. Dimana masalah yang terjadi tentu di daerah yang kekayaan alamnya tidak dapat dimanfaatkan secara optimal serta tenaga kerja yang berkurang.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijelaskan seputar kepadatan dan komposisi penduduk dalam suatu negara yakni apa yang dimaksud dengan kepadatan penduduk dan komposisi penduduk, apa itu pengertian, definisi, arti, makna dan konsep kepadatan penduduk dan komposisi penduduk, berbagai macam kepadatan penduduk serta klasifikasi komposisinya yang akan dibahas didalam materi ilmu pengetahuan sosial khususnya geografi yakni sebagai berikut.

Definisi kepadatan penduduk

Makna kepadatan penduduk adalah suatu perbandingan antara jumlah penduduk dengan luas daerah. Seperti yang kita ketahui bahwa kepadatan penduduk antara daerah yang satu dengan daerah yang lain tentu berbeda-beda.

Pengertian Kepadatan Penduduk Dan Komposisi Penduduk Serta Jenis-Jenisnya

Macam-macam kepadatan penduduk

Berikut ini merupakan macam-macam kepadatan penduduk dengan luas daerah dapat dibedakan menjadi tiga macam yakni diantaranya adalah :

1. Kepadatan penduduk umum
Kepadatan penduduk umum atau sering kita sebut dengan aritmatik adalah suatu perbandingan antara jumlah penduduk dengan luas wilayah yang ditempati.

2. Kepadatan penduduk agraris
Kepadatan penduduk agraris adalah suatu perbandingan antara jumlah rata-rata penduduk petani per satuan luas lahan pertanian yang ada diwilayah tersebut.

3. Kepadatan fisiologis dan ekonomis
Kepadatan fisiologis dan ekonomis adalah jumlah suatu penduduk yang bisa dijamin kehidupannya oleh setiap persatuan dari lahan produktif.

Dengan adanya kepadatan penduduk yang tidak merata, tentu saja hal tersebut akan mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan oleh para penduduk, misalnya adalah seperti kurangnya lahan pertanian, kemampuan lahan produksi menurun, pasokan listrik yang terbatas, lapangan pekerjaan yang relatif kecil, fasilitas yang kurang mengimbangi kebutuhan penduduk serta pendapatan penduduk yang rendah dan juga persaingan yang semakin ketat.

Definisi komposisi penduduk

Arti komposisi penduduk adalah pembagian kelompok penduduk atas dasar ciri-ciri serta untuk tujuan tertentu pula. Adapun kelompok-kelompok penduduk tersebut yakni diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Komposisi penduduk berdasarkan umur
Komposisi penduduk berdasarkan umur adalah susunan penduduk yang dapat dibedakan berdasarkan dengan kelompok umur tertentu. Data komposisi penduduk juga berguna untuk menghitung angka rasio beban ketergantungan. Adapun arti dari rasio beban ketergantungan adalah perbandingan antara banyaknya orang yang termasuk usia produktif dengan usia yang tidak produktif.

2. Komposisi penduduk berdasarkan jenis kelamin
Komposisi penduduk berdasarkan jenis kelamin adalah susunan penduduk menurut jenis kelaminnya seperti laki-laki dan perempuan. Adapun makna dari rasio jenis kelamin adalah perbandingan banyaknya penduduk laki-laki dengan banyaknya penduduk perempuan didalam suatu daerah dalam kurun waktu tertentu.

3. Komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
Komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin adalah komposisi penduduk menurut umur serta jenis kelaminnya. Dengan adanya komposisi itulah dapat dibentuk sebuah piramida penduduk yakni diantaranya :

- Piramida penduduk muda (expansive)
Piramida penduduk muda (expansive) menyatakan bahwa penduduk dalam keadaan tumbuh dan jumlah kelahiran lebih besar daripada angka kematian.
- Piramida penduduk tetap (stationer)
Piramida penduduk tetap (stationer) menyatakan bahwa penurunan angka kelahiran setara dengan angka kematian.
- Piramida penduduk tua (contructive)
Piramida penduduk tua (contructive) menyatakan bahwa adanya penurunan angka kelahiran jauh lebih besar dari angka kematian, sehingga menyebabkan jumlah penduduk usia muda lebih sedikit apabila dibandingkan dengan penduduk usia dewasa.

Dengan adanya piramida penduduk diatas, maka dapat digunakan untuk :
1. Mengetahui pertumbuhan jumlah penduduk suatu negara atau daerah.
2. Mengetahui jumlah penduduk laki-laki dan perempuan.
3. Mengetahui golongan penduduk produktif dan tidak produktif.
4. Memprediksi jumlah penduduk suatu negara di masa depan.


Demikian pembahasan mengenai pengertian kepadatan penduduk dan komposisi penduduk serta jenis-jenisnya. Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu kepadatan penduduk dan komposisi penduduk, pengertian kepadatan penduduk dan komposisi penduduk, makna kepadatan penduduk dan komposisi penduduk, definisi kepadatan penduduk dan komposisi penduduk, arti kepadatan penduduk dan komposisi penduduk, macam-macam kepadatan penduduk dan komposisi penduduk pada suatu negara.
Loading...
Loading...