Seni Tari Tradisional : #9 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Memulai Pertunjukan Seni Tari Tradisional

Loading...
Hal-hal yang harus dan perlu dilakukan untuk mempersiapkan pertunjukan seni tari tradisional nusantara adalah akan kami bahas dibawah ini secara detail pada materi pelajaran seni budaya dan keterampilan. Pertunjukan seni tari tradisional adalah hal yang sangat dinanti oleh para penonton, karena tari tradisional mengandung estetika yang tinggi dan juga memiliki makna sejarah yang beragam.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijelaskan seputar pertunjukan seni tari tradisional yakni seputar apa saja yang perlu dan harus dipersiapkan dalam melaksanakan pertunjukan seni tari tradisional umum maupun disekolah dan bagaimana menyusun acara pergelaran atau pertunjukan seni tari kreasi tradisional yang baik.


Persiapan-persiapan dalam pertunjukan seni tari tradisional

Sebelum melaksanakan pergelaran seni tari tradisional, hal yang harus diperhatikan adalah berbagai macam persiapan sebelum pertunjukan berlangsung. Dengan begitu anda dapat mempersiapkan pertunjukan setelah membuat kreasi tari. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan pertunjukan adalah :

Seni Tari Tradisional Nusantara

1. Pembentukan panitia

Panitia adalah suatu kelompok yang bertanggung jawab dan sangat diperlukan dalam sebuah persiapan pertunjukan. Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan oleh panitia dalam sebuah pertunjukan adalah perijinan, dokumentasi, publikasi, pendanaan dan lain sebagainya.

2. Musik atau iringan tari

Dalam pementasan, sebuah tari musik sangat diperlukan kehadirannya. Maka dari itu panitia diharuskan agar mempersiapkan musik yang diperlukan terlebih dahulu. Musik tersebut dapat berupa gamelan atau jenis musik lain yang sesuai dengan kehendak dari para kreasi tari yang bersangkutan.

3. Busana

Busana adalah segala sesuatu pakaian yang dikenakan pada tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki. Adapun contoh busana yang diperlukan dalam kreasi tari tradisional yakni Bedhaya Ketawang adalah dodot ageng dengan batik corak banguntulak alas-alasan yang dilengkapi dengan paes ageng atau busana dan rias lain yang disesuaikan dengan kreasi tari. Panitia juga bertugas dalam menyediakan perlengkapan busana tersebut.

4. Tata rias tari

Tata rias pada wajah para penari tentu akan membuat penampilan karya tari terlihat menarik dan juga lebih indah. Keindahan dapat dilihat jika tata rias sesuai dengan tema tari. Selain itu terdapat teknik pemakaian alat-alat rias pada wajah penari harus sangat diperhatikan, agar dapat menghasilkan tata rias yang bagus.

5. Properti tari

Properti adalah salah satu alat yang digunakan oleh para penari untuk melakukan gerak tarian. Mengapa properti tari perlu dipersiapkan sejak awal dan selalu dipakai saat berlatih tari ?. Dalam penampilan suatu karya tari, jika karya tari tersebut menggunakan properti maka properti tersebut harus di persiapkan lebih awal sebagai alat gerak tarian.

6. Penataan panggung

Panitia juga bertugas atas dekorasi panggung, penataan panggung, seperti dari arah mana penari muncul dan kearah mana penari akan mengundurkan diri dari panggung.

7. Latihan dan gladi bersih

Panitia bertanggung jawab atas kelancaran latihan yang diperlukan beserta gladi bersih di akhir latihan agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancar saat pementasan nanti.

8. Master of ceremony (MC)

Panitia bertugas menyediakan seorang MC, baik berasal dari panitia sendiri maupun orang luar yang dianggap mampu melakukan pekerjaan tersebut. Dalam sebuah pertunjukan, peran MC sangat diperlukan karena MC-lah yang akan menghidupkan suasana, menjembatani penari dan panitia dengan penonton serta mengisi jeda pementasan, misalnya antara tarian yang satu dengan tarian yang lain.

9. Menggelar pertunjukan

- Dekorasi panggung
Dekorasi panggung harus telah siap minimal sehari sebelum pementasan.
- Kursi penonton
Kursi terlebih dahulu harus ditata sedemikian rupa, sehingga setiap penonton dapat menonton tarian dengan jelas.
- Antisipasi cuaca
Antisipasi cuaca sangat diperlukan terutama jika pementasan dilakukan diruang terbuka, seperti di halaman sekolah. Tenda hujan atau penahan panas, jika pementasan dilakukan disiang hari, maka sangat diperlukan.
- Ketertiban
Ketertiban penonton harus diperhatikan dengan cara menyediakan beberapa personil yang bertugas dalam menjaga keamanan.
- Dokumentasi
Saat pertunjukan berlangsung, seksi dokumentasi harus memastikan bahwa pementasan telah terdokumentasi dengan baik. Dokumentasi tersebut meliputi pengambilan foto penari, gerakan tari, pemusik, panggung, penonton dan hal-hal yang diperlukan.


Demikian pembahasan mengenai hal-hal yang harus dan perlu dilakukan untuk mempersiapkan pertunjukan seni tari tradisional nusantara. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi informasi didalam mengetahui apa saja yang perlu dan harus dipersiapkan dalam melaksanakan pertunjukan seni tari tradisional nusantara umum maupun disekolah dan bagaimana menyusun acara pergelaran atau pertunjukan seni tari kreasi tradisional Indonesia yang baik.
Loading...
Loading...