Pengertian Seni Musik Non Tradisional, Fungsi Dan Contohnya

Loading...
Pengertian seni musik non tradisional, fungsi dan contohnya adalah uraian yang akan dibahas dalam materi pelajaran seni budaya dan keterampilan berikut ini. Dalam kurun waktu yang cepat, dunia musik mengalami banyak perkembangan. Karena hal itulah muncul jenis musik baru yang lahir dan berkembang dari musik klasik hingga non klasik.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar rangkuman seni musik non tradisional nusantara yakni apa itu yang dimaksud dengan seni musik non tradisional (modern), pengertian seni musik non tradisional, definisi seni musik non tradisional, arti seni musik non tradisional, makna seni musik non tradisional, konsep seni musik non tradisional, fungsi musik non tradisional, latar belakang musik non tradisional, contoh seni musik non tradisional, ciri ciri musik non tradisional dan jenis-jenis seni musik non tradisional lengkap dengan contohnya serta peranan musik non tradisional.

Definisi musik non tradisional nusantara

Musik non tradisonal nusantara adalah suatu musik yang mengambil roh dari musik modern sementara yang konsepnya masih mengarah pada tatanan hidup atau budaya masyarakat Indonesia.

Perkembangan musik di Indonesia pada umumnya bertolak dari musik-musik tradisional atau musik daerah asli Indonesia. Hal tersebut karena musik daerah asli Indonesia sangat sederhana dalam memiliki perbedaan unsur-unsur musiknya, maka perkembangan musik Indonesia akhirnya lebih banyak dipengaruhi oleh musik-musik luar negeri atau dengan kata lain adalah musik mancanegara.

Fungsi musik non tradisional

Peranan dan fungsi musik dalam masyarakat adalah sebagai sarana dalam media upacara ritual, media hiburan, media ekspresi diri, media komunikasi, pengiring tari dan sarana ekonomi. Beberapa fungsi musik non tradisonal tersebut akan dijelaskan secara detail yakni diantaranya seperti berikut :

1. Media upacara ritual
Musik di Indonesia pada umumnya berkaitan erat dengan upacara-upacara ritual masyarakatnya, seperti upacara perkawinan, kelahiran sampai upacara-upacara keagamaan dan kenegaraan. Adapun contoh jenis musik yang digunakan dalam ritual ini yakni musik gambus yang disajikan dalam acara perkawinan masyarakat.

2. Media hiburan
Musik di Indonesia selain dijadikan media upacara ritual juga menjadi sarana hiburan bagi masyarakatnya. Dalam hal ini musik dikatakan sebagai media hiburan dikarenakan musik memiliki fungsi dimana seseorang menghilangkan rasa kejenuhannya akibat rutinitas kehidupan sehari-hari atau hal lainnya dengan cara mendengarkan sebuah musik dan juga musik berfungsi sebagai ajang pertemuan dengan warga lainnya.

3. Media ekspresi diri
Didalam masyarakat seniman, musik adalah media yang berguna untuk mengekspresikan diri mereka. Dengan melalui musik itulah mereka melihatkan potensi mereka dan juga melalui musik tersebut mereka tentu saja dapat mengungkapkan sebuah perasaan, pikiran, gagasan dan cita-cita tentang diri, masyarakat, tuhan serta dunia nya.

Selain itu, musik juga sangat banyak digunakan dalam mengiringi berbagai tarian-tarian bahkan musik kini juga berkembang dalam bidang olahraga senam yang kini menggunakan musik sebagai pengiring.

4. Media ekonomi
Musik tidak hanya sekedar menjadi media hiburan dan ekspresi diri, namun musik juga merupakan sumber penghasilan bagi musisi maupun artis. Mereka berpenghasilan melalui musik tersebut dengan cara merekam hasil karya-karya berupa pita kaset dan compact disc serta menjualnya ke pasaran.

Dari kegiatan-kegiatan yang bersifat ekonomi itulah, muncul industri-industri musik di Indonesia yang berupa rekaman, industri pembuatan video klip, pembuatan CD serta industri manajemen artis.


Demikian pembahasan tentang pengertian seni musik non tradisional, fungsi dan contohnya, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu yang dimaksud dengan seni musik non tradisional (modern), pengertian seni musik non tradisional, definisi seni musik non tradisional, arti seni musik non tradisional, makna seni musik non tradisional, konsep seni musik non tradisional, fungsi musik non tradisional, latar belakang musik non tradisional, contoh seni musik non tradisional, ciri ciri musik non tradisional dan jenis-jenis seni musik non tradisional lengkap dengan contohnya serta peranan musik non tradisional.
Loading...
Loading...