Pengertian Seni Teater Non Tradisional (Moderen), Jenis-Jenis Dan Contohnya

Loading...
Pengertian seni teater non tradisional (modern), jenis-jenis seni teater non tradisional nusantara serta contoh seni teater tradisional dan moderen adalah uraian yang akan dibahas dalam materi pelajaran seni budaya dan keterampilan berikut ini. Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teater dari masa ke masa melahirkan berbagai macam bentuk teater yang baru, mulai dari bentuk teater tradisional hingga ke teater yang non tradisional atau disebut dengan teater moderen.

Baca juga : Sejarah Periode Perkembangan Teater Non Tradisional Di Indonesia

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar teater non tradisional atau moderen yakni apa itu yang dimaksud dengan seni teater non tradisional (modern), pengertian seni teater non tradisional, definisi seni teater non tradisional, arti seni teater non tradisional, makna seni teater non tradisional, konsep seni teater non tradisional, contoh seni teater tradisional, contoh seni teater non tradisional (moderen) dan jenis-jenis seni teater non tradisional serta bentuk-bentuk pementasan teater moderen.

Definisi teater non tradisional (moderen)

Teater adalah suatu pertunjukan atau tontonan yang sudah lahir sejak zaman dahulu dan terdapat bukti tertulis yang menyampaikan bahwa teater sudah ada sejak abad kelima SM. Hal ini didasarkan atas temuan naskah teater kuno di Yunani. Penulisnya Aeschylus yang hidup antara tahun 525-456 SM. Adapun isi teater itu yakni berupa persembahan untuk memohon kepada dewa-dewa.

Pengertian Seni Teater Non Tradisional (Moderen), Jenis-Jenis Dan Contohnya

Di Indonesia, seni teater mula-mula berasal dari seni teater tradisional. Contoh seni teater tradisional yang berasal dari daerah-daerah yang tersebar diseluruh Indonesia adalah seperti wayang, ludruk, lenong, wayang orang, makyong, randai, mamanda dan lain sebagainya.

Dalam perkembangannya, teater di Indonesia bukan hanya teater tradisional saja, tetapi ada pula beberapa jenis teater yang berasal dari luar negeri. Oleh karena pada saat itulah, maka terciptalah teater non tradisional atau disebut juga teater modern yang berkembang di seluruh Indonesia.


Jenis-jenis teater non tradisional (moderen)

Dibawah ini terdapat beberapa contoh jenis-jenis teater non tradisional atau teater moderen yang tentu sifat dan karakteristiknya lebih bersifat modernisasi yakni diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Drama
Drama adalah sebuah kisah kehidupan manusia yang diceritakan diatas panggung dengan media dialog, gerak dan juga tingkah laku. Dengan adanya drama, maka naskah merupakan hal utama dan paling penting karena naskah tersebut merupakan suatu panduan bagi para pemeran atau aktor ketika berada diatas panggung.

2. Film
Film adalah sinema yang dipertunjukkan sebagai gambaran hidup dan kini industri film tiada habis-habisnya. Sebagai media massa, film berguna untuk merefleksikan realitas bahkan juga membentuk realitas. Media ini tentu saja banyak disukai serta digemari oleh banyak kalangan sebagai penyalur hobi serta sebagai hiburan tentunya.

3. Opera
Opera adalah sebuah drama yang dimana isinya terkandung alunan musik dan nyanyian. Opera merupakan golongan dari drama musical. Dalam opera, dialog para pemeran dinyanyikan dengan iringan musik orchestra serta lagu yang dinyanyikan sering disebut dengan seriosa.

Artikel terkait :
- Unsur-Unsur Teater Non Tradisional (Teater Moderen)
Jenis-Jenis Teater Nusantara Tradisional Dan Modern

Demikian pembahasan mengenai pengertian seni teater non tradisional (modern), jenis-jenis seni teater non tradisional nusantara serta contoh seni teater tradisional dan moderen. Semoga bermanfaat bagi pembaca serta dapat dijadikan sebuah referensi informasi yang dapat membantu pembaca dalam mengetahui apa itu yang dimaksud dengan seni teater non tradisional (modern), pengertian seni teater non tradisional, definisi seni teater non tradisional, arti seni teater non tradisional, makna seni teater non tradisional, konsep seni teater non tradisional, contoh seni teater tradisional, contoh seni teater non tradisional (moderen) dan jenis-jenis seni teater non tradisional serta bentuk-bentuk pementasan teater moderen.
Loading...
Loading...