#2 Pendekatan Peramalan (Forecasting) Menurut Ahli Dan Pakar

Loading...
#2 Pendekatan peramalan (forecasting) menurut ahli dan pakar akan dibahas lengkap dengan detail pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang metode-metode pendekatan peramalan (forecasting) yang akan dibahas didalam materi pendidikan ekonomi adalah antara lain :

1. Tinjauan metode kualitatif.
2. Tinjauan metode kuantitatif.

Pendekatan peramalan

Terdapat dua jenis pendekatan dalam peramalan menurut Heizer dan Render (2011 : 140) adalah antara lain dapat diuraikan sebagai berikut :
#2 Pendekatan Peramalan (Forecasting) Menurut Ahli Dan Pakar

1. Tinjauan metode kualitatif

Peramalan yang menggabungkan beberapa faktor diantaranya seperti intuisi, pengalaman pribadi dan sistem nilai pengambilan keputusan. Adapun didalam metode peramalan model kualitatif ini terdapat beberapa teknik yakni antara lain sebagai berikut :

→ Keputusan dari pendapat juri eksekutif
Pada metode ini, pendapat sekumpulan kecil manajer tingkat tinggi sering kali dikombinasikan dengan model-model statistik.
 Metode delphi
Didalam metode Delphi, terdapat tiga jenis peserta yakni antara lain seperti pengambilan keputusan, karyawan dan responden.


 Gabungan dari tenaga penjualan
Pada metode ini, setiap tenaga penjualan memperkirakan berapa penjualan yang dapat dilakukan, selanjutnya peramalan dikaji ulang untuk meyakinkan kualitasnya.
 Survei pasar konsumen
Jenis metode ini memperbesar masukan dari pelanggan atau calon pelanggan tanpa melihat rencana pembelian masa depannya.
 Pendekatan naif
Didalam pendekatan naif, cara sederhana untuk peramalan ini mengasumsikan bahwa permintaan dalam periode berikutnya adalah sama dengan permintaan dalam periode sebelumnya.

2. Tinjauan metode kuantitatif

Peramalan yang menggunakan berbagai model matematis yang menggunakan data historis dan variabel klausal untuk meramalkan penjualan.


Demikian pembahasan mengenai #2 pendekatan peramalan (forecasting) menurut ahli dan pakar, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui metode-metode pendekatan peramalan (forecasting), tinjauan metode kualitatif dan tinjauan metode kuantitatif.

Daftar pustaka
Heizer, Jay dan Barry Render. 2011. Operations Management, Buku 1 edisi ke sembilan. Salemba empat: Jakarta.
Loading...
Loading...